Problems Analysis in High School Biology Textbooks Based on Cognitive Domain of Bloom Taxonomy

Amna Fika Sari, Syarifah Widya Ulfa

Abstract


Abstract: The purpose of this study is to understand the consistency of questions in class X biology textbooks based on the types of Lower order thinking skills (LOTS) and Higher order thinking skills (HOTS). This descriptive study analyzed questions in high school biology textbook with publishers Erlangga and Prawira Intan. The results showed that the distribution of the LOTS cognitive domain for Erlangga i.e remembering (C1) of 3.75 percent, understanding (C2) of 95.4 percent, applying (C3) of 0.75 percent. Meanwhile, the appearance of the HOTS cognitive domain for Erlangga i.e analyzing (C4) of 70 percent, evaluating (C5) of 20 percent, and creating (C6) of 10 percent. In other publisher Prawira Intan, the LOTS category for C1 of 65.7 percent, C2 of 31.8 percent, C3 of 2.41 percent. The most HOTS cognitive domain in the book publisher Prawira Intan are C4 which is 66.6 percent, C5 of 20 percent , and C6 of 13.3 percent.

 

Keywords: problem analysis, Biology textbooks, cognitive domain, Bloom taxonomy.

 

Abstrak: Tujuan penelitian ini ialah memahami konsistensi soal pada buku teks biologi kelas X berdasarkan tipe Lower order thinking skill (LOTS) dan Higher order thinking skill (HOTS). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Analisis soal dalam penelitian ini menggunakan buku teks biologi kelas X SMA/MA penerbit Erlangga dan Prawira Intan. Hasil penelitian menyatakan terdapat bahwa sebaran persentase kemunculan kategori ranah kognitif LOTS buku biologi kelas X penerbit Erlangga yaitu soal level C2 yaitu sebesar 95,4 persen, C1 sebesar 3,75 persen, C3 sebesar 0,75 percent. Kemunculan kategori HOTS dalam buku biologi kelas X penerbit Erlangga nilai sebesar C4 sebesar 70 percent, C5 sebesar 20 percent, C6 sebesar 10 percent. Pada buku penerbit Prawira Intan kategori LOTS dengan level C1 yaitu  sebesar 65,7 percent, C2 sebesar 31,8 percent, C3 sebesar 2,41 persen. Sedangkan kategori ranah kognitif HOTS terbanyak dalam buku penerbit Prawira Intan yaitu level C4 sebesar 66,6 percent, C5 sebesar 20 percent, dan C6 sebesar 13,3 percent.

 

Kata kunci: analisis masalah, buku teks Biologi, domain kognitif, taksonomi Bloom.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i3.pp833-843


Full Text:

PDF

References


AA, J. (2016). Analisis Soal Jenjang Kognitif Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku SekolahElektronik (BSE) Biologi SMA, Jurnal Pengajaran MIP. VOL. 2, No. 1. Sukabumi:Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Anderson, L.W, dan Krathwohl, D. R. L. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: AddisonWesleyLongman

Ariana,Y,dkk.(2018).BukuPeganganPembelajaranBerorientasiPadaKeterampilan

BerpikirTingkatTinggi.Jakarta:Direktorat JenderalGurudanTenaga Kependidikan

Arikunto,S.(2018). ProsedurPenelitian Suatupendekatan Praktik.Jakarta:

RinekaCipta

Arikunto,S.(2013).Dasar–DasarEvaluasi PendidikanEdisi2.Jakarta:Bumi Aksara

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2013). Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun2013Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdikbud

Erniati, dkk, (2020), Analisis Ranah Kognitif Soal Latihan Berdasarkan Taksonomi Bloom Revisi Pada Buku Fisika Kelas X (Studi Pada Buku Karya Ni Ketut Lasmi), Jurnal LiterasiPendidikanFisika,Vol.1,No.2.Kalimantan Timur:UniversitasMulawarman

Hardanidkk,(2020),MetodePenelitianKualitatifdanKuantitatif,Yogyakarta:

PustakaIlmu

Herwelis.(2013).AnalisisKualitasSoalUjianAkhirSekolah(UAS)MataPelajaran Matematika TingkatSMKKabupaten Takalar TahunPelajaran2012/2013. Thesis.UniversitasNegeri Makassar

Jailani,dkk.(2018).DesainPembelajaranMatematikaUntukMelatihkanHigherOrder

ThinkingSkill. Yogyakarta: UNY PRESS

Jaya,F. (2019).PerencanaanPembelajaran.Medan:UINSU

Suci, I. E, dkk. (2021). Analisis Muatan Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dalam BukuIPA kelas VIII SMP Bab Struktur dan Fungsi Tumbuhan.Jurnal Pendidikan Sains. Vol.9, No. 3. Surabaya:Universitas NegeriSurabaya

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi DalamUpayaMenjawabTantanganAbad21SertaOptimalisasiImplementasi Kurikulum2013.Jurnal Florea. Vol.2, No.1. Surakarta: UniversitasSebelas Maret

Sugiono.(2018).MetodePenelitianKuantitatif,Kualitatif,danR&D.

Bandung:Alfabeta

Tanjung,I.F.(2018).StrategiPembelajaranBiologi.Medan:CV.WidyaPuspita

Wulan,E.R.danRusdiana.(2014).EvaluasiPembelajaran.Bandung:PustakaSetia


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-sa4.footer##

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.