Analysis of Perception and Interrelationship between Teachers’ Interpersonal Communication and Students Learning Motivation

Desi Anita, Retni Sulistiyoning Budiarti, Ervan Johan Wicaksana, Nizlel Huda

Abstract


Abstract This study aims to analyze the relationship between the teachers interpersonal communication skills and the learning motivation of class X MIA SMAN 11 Jambi City in the 21st Century Learning Mushroom Material. numerical data (numbers) processed by statistical methods. The population of this study were all students of class X MIA SMA Negeri 11 Jambi City as many as 132 students. The results of the Validity and Reliability Test of the Teacher Interpersonal Communication Ability Questionnaire were seen from the SPSS test results on the cronbach alpha value of 0.92 where the questionnaire was declared reliable or consistent because the value was more of 0.60. Furthermore, the results of the validity and reliability of the Student Learning Motivation Questionnaire were seen from the results of the SPSS test at the cronbach alpha value of 0.91 where the questionnaire was declared reliable or consistent because the value was more than 0.60.

 

Keywords interpersonal communication, student learning motivation, 21st century, fungi.

 

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara keterampilan komunikasi interpersonal guru dengan motivasi belajar siswa kelas X MIA SMAN 11 Kota Jambi pada pembelajaran Abad 21 Materi Jamur. data numerik (angka) yang diolah dengan metode statistik. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X MIA SMA Negeri 11 Kota Jambi sebanyak 132 siswa.Hasil Uji Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru dilihat dari hasil uji SPSS pada nilai cronbach alpha sebesar 0,92 dimana angket dinyatakan reliabel atau konsisten karena nilainya lebih dari 0,60. Selanjutnya hasil validitas dan reliabilitas Kuesioner Motivasi Belajar Siswa dilihat dari hasil uji SPSS pada nilai cronbach alpha sebesar 0,91 dimana angket dinyatakan reliabel atau konsisten karena nilainya lebih dari 0,60.

 

Kata kunci: komunikasi interpersonal , motivasi belajar siswa, abad 21, fungi.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp805-820


Full Text:

PDF

References


Erfan, N. F. (2018). Pengaruh Komunikasi Interpersonal Dan Smk Al Ikhwaniyah Tangerang Selatan. Pustaka Komunikasi, 1(1), 58–70.

Mustika, B. (2019). Hubungan Komunikasi Antar Pribadi Guru dan Siswa dengan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadist di MTs. Miftahul Jannah Kecamatan Peranap Kabupaten Inhu. AL-HIKMAH : Jurnal Pendidikan Dan Pendidikan Agama Islam, 1(2), 109–121.

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Prasetyo, M. A. M., & Anwar, K. (2021). Karakteristik Komunikasi Interpersonal serta Relevansinya dengan Kepemimpinan Transformasional. Jurnal Komunikasi Pendidikan. https://doi.org/10.32585/jkp.v5i1.1042

Purwanto, N. (2019). Variabel Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Teknodik, 6115, 196–215. https://doi.org/10.32550/teknodik.v0i0.554

Sidik, Z., & Sobandi, A. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Kemampuan Komunikasi Interpersonal Guru. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(2), 50. https://doi.org/10.17509/jpm.v3i2.11764

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Dan R&D.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. In Metode Penelitian dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D.

Utomo, P. C., & Probandari, A. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Dengan Dosen Dan Antar Mahasiswa Dengan Motivasi Belajar. Jurnal Keterapian Fisik, 1(2), 90–94. https://doi.org/10.37341/jkf.v1i2.87

Wulandari, F. A., Mawardi, M., & Wardani, K. W. (2019). Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas 5 Menggunakan Model Mind Mapping. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(1), 10. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i1.17174

Zubaidi, A. N., Suryani, N., & Probandari, A. N. (2018). Hubungan antara komunikasi interpersonal dosen mahasiswa keaktifan berorganisasi dan aktualisasi diri dengan motivasi belajar di jurusan ortotik prostetik poltekkes surakarta. Jurnal Medika Respati, 13(1), 42–66. http://medika.respati.ac.id/index.php/medika/article/view/132


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.