The Effect of Microsoft Whiteboard Assisted Environmental Mathematics towards Environmental Care Attitudes of Pre Service Elementary School Teachers
Abstract
Abstract: The low concern for the environment after the pandemic period which gradually ended, especially when learning in Higher Education has been carried out face to face. There are indications of an increasing amount of litter and an acute sense of indifference. This study determines the influence and effectiveness of the application of Microsoft whiteboard-assisted environmental mathematics on students environmental care attitudes. The research population is pre-service elementary school teachers in semester 4 who took part in geometry and measurement courses in elementary schools and the research sample was 69 pre-service elementary school teachers in semester 4 in the course with a simple random sampling technique. Data collection techniques use environmental care questionnaires, observations, and documentation. The data analysis technique uses paired sample t test and N gain. Based on the results of data analysis, it was found that the value of t count is equal 10.197 more than t table more than 2.201, so there is an influence of the influence of the application of Microsoft whiteboard assisted environmental mathematics on students environmental care attitudes and an N-gain value of 56 percent is got, so the application of Microsoft whiteboard assisted environmental mathematics is quite effective in improving student environmental care attitudes.
Keywords: math environment, Microsoft whiteboard, care environment.
Abstrak Rendahnya kepedulian pada lingkungan setelah masa pandemic yang sedikit demi sedikit mulai berakhir khususnya ketika pembelajaran di Perguruan Tinggi sudah mulai dilaksanakan secara tatap muka. Ada indikasi meningkatnya jumlah sampah dan tingginya rasa tidak peduli. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dan efektivitas penerapan matematika lingkungan berbantu Microsoft whiteboard terhadap sikap peduli lingkungan mahasiswa. Populasi penelitian adalah mahasiswa PGSD semester 4 yang mengikuti mata kuliah Geometri dan Pengukuran di SD dan sampel penelitian ada 69 mahasiswa PGSD semester 4 pada mata kuliah tersebut dengan teknik sampling simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket sikap peduli lingkungan, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample t test dan N-gain. Berdasarkan hasil analisis data didapatkan bahwa nilai thitung sama dengan 10,197 lebih dari ttabel sama dengan 2,201, yang berarti ada pengaruh pengaruh penerapan matematika lingkungan berbantu Microsoft whiteboard terhadap sikap peduli lingkungan mahasiswa dan didapatkan nilai N-gain sebesar 56 persen yang berarti penerapan matematika lingkungan berbantu Microsoft whiteboard cukup efektif untuk meningkatkan sikap peduli lingkungan mahasiswa.
Kata kunci matematika lingkungan, Microsoft whiteboard, peduli lingkungan.
Full Text:
PDFReferences
Arif Maulana. 2020. Pengetahuan Kearifan Lokal Berperan Pecahkan Masalah Global. Kantor Komunikasi Publik: Universitas Padjajaran. Retrieved 5 Juni 2022 from https://www.unpad.ac.id/2020/12/pengetahuan-kearifan-lokal-berperan-pecahkan-masalah-global/
Avita Rath MDS, Preena Sidhu MDS, Melissa Wong LZ. 2021. The impetus to interactive learning: Whiteboarding for online dental education in COVID-19. J Dent Educ. 1-3
Daryanto dan Agung Suprihatin,. 2013. Pengantar Pendidikan Lingkungan Hidup. Yogjakarta: Gava Media
Ema Butsi Prihastari dan Ratna Widyaningrum. 2018. Implementasi MAS NOVEL berbasis Kearifan Lokal Untuk Penanaman Karakter Peduli LIngkungan pada Siswa SD. Seminar Nasional Pendidikan. “Mengembangkan Kompetensi Pendidik dalam Menghadapu Era Disrupsi”. PGSD-POR UMS, 4-5 Desember
¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬¬________________________________________. 2022. Matematika Lingkungan Berbasis Budaya Berbantu Microsoft Whiteboard. Mendidik: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pengajaran. Vol.8 (1) hal. 128-135
Genta Tenri Mawangi. 2017. Kearifan local atasi kerusakan lingkungan hidup. Retrieved 5 Juni 2022 from https://www.antaranews.com/berita/657048/kearifan-lokal-atasi-kerusakan-lingkungan-hidup
Hasanah, S.I. 2014. Sumber belajar matematika dari lingkungan alam sekitar berbasis pondok pesantren. INTERAKSI, 9(1), 28-31
Hidayati,K.,Arliani,E.,Retnawati,H., dan Isnaeni, I. 2008. Impelemntasi pembelajaran matematika berwawasan lingkungan dengan pendekatan kooperatif guna mengembangkan sikap ramah lingkungan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Pythagoras: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 4(1) 33-4
Kompas.com. 2022. Rumah Warga di Solo Terendam Banjir saat ditinggal piknik, jBegini Analisis BMKG. Retrieved 5 Juni 2022 from https://www.kompas.com/sains/read/2022/05/09/160000823/rumah-warga-di-solo-terendam-banjir-saat-ditinggal-piknik-begini-analisis?page=all#:~:text=KOMPAS.com%20%2D%20Puluhan%20rumah%20warga,)%2C%20sekitar%20pukul%2014.30%20WIB, 9 Mei 2022
Liputan6.com. 2022. Mengapa Banyak Bank Sampah yang tidak aktif di Solo?. Retrivied 6 Juni 2022 from https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4897919/mengapa-banyak-bank-sampah-yang-tidak-aktif-di-solo, 26 Februari 2022
Tugimin dan Yeyen Mariyani. 2014. Pengaruh Pemanfaatan Interaktif Whiteboard dan MOtivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. Tahun 1, Nomor 2, November, 192-202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.