The Effect of The Problem Based Learning on Students Science Process Skills in Learning Physics A Meta Analysis

Naurah Nazifah, Hafizana Tiara Amir, Silmi Hidayatullah

Abstract


Abstract Revolution 4.0 requires humans to have 21st century skills. The 21st century guides human resources that are able to compete with the wider community, so the government seeks to improve human resources through education. Thinking skills that are expected to achieve optimal learning outcomes are science process skills, because with these thinking skills students will be able to build meaning and confirm their understanding of a physical concept symptom and emphasize the importance of direct experience involvement in the learning process. The learning model that emphasizes learning as a process that involves solving problems in an actual context is the Problem based Learning model. Based on the description above, it can be stated that there are several researchers who have conducted research on the effect of problem based learning models on students' science process skills. So a meta-analysis of 15 articles was carried out, there was a significant effect of the problem based learning model on students' science process skills in learning physics based on grade level, physics subject matter and student learning outcomes.

Keywords problem based learning, science process skills, physics.

Abstrak Revolusi 4.0 menuntut manusia untuk memiliki keterampilan abad 21. Abad 21 menuntun sumber daya manusia yang mampu bersaing dengan masyarakat luas, sehingga pemerintah berupaya meningkatkan sumber daya manusi melalui pendidikan. Keterampilan berpikir yang diharapkan dalam mencapai hasil belajar yang optimal adalah keterampilan proses sains, karena dengan keterampilan berpikir ini siswa akan dapat membangun makna dan mengkonfirmasikan pemahamannya mengenai sesuatu gejala konsep fisika serta memberikan penekanan pada pentingnya keterlibatan pengalaman langsung dalam proses pembelajaran. Model pembelajaran yang menekankan belajar sebagai proses yang melibatkan pemecahan masalah dalam konteks yang sebenarnya yaitu model Problem based Learnin. Berdasarkan uraian diatas dapat dikemukakan bahwa terdapat beberapa peneliti telah melakukan peneitian tentang pengaruh model problem based learning terhadap keteampilan proses sains siswa. Jadi dilakukan meta analisis dari 15 artikel terdapat pengaruh yang berarti penerapan model problem based learning terhadap keterampilan proses sains siswa dalam pembelajaran fisika berdasarkan tingkat kelas, materi pelajaran fisika dan hasil belajar siswa. Kata kunci: problem based learning, keterampilan proses sains, fisika.

DOI http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v23i2.pp651-660


Full Text:

PDF

References


Asrizal, A., Amran, A., Ananda, A.,, Festiyed, F. (2018). Development of adaptive contextual teaching model of integrated science to improve digital age literacy on grade VIII students. Journal of Physics : Conferences Series 1116032004

Andriani, K. Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) disertai Video Berbasis Kontekstual terhadap Hasil Belajar dan Keterampilan Proses Sains dalam Pembelajaran Fisika Di SMA (Doctoral Dissertation, Fakultas Kegiruan Dan Ilmu Pendidikan).Putra, A. G. P., & Bektiarso, S. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di Sma (Kelas X Sma Negeri 3 Jember). Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 129-134

Andriani, K., Subiki, S., & Supriadi, B. (2021). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Disertai Video Berbasis Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Dan Keterampilan Proses Sains Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 10(1), 36-40.

Bahri, S., & Bakri, F. (2018). Implementation of problem-based learning to improve physics learning outcomes of class X IPA-4 in SMA 59. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 4(1), 35-46.

Becker, K. & Park, K. (2011). Effects of integrative approaches among science, technology, engineering, and mathematics (STEM) subjects on students’ learning: A preliminary metaanalysis. Journal of STEM Education, 12 (1).

Darmaji, D., Astalini, A., Kurniawan, D., Parasdila, H., Irdianti, I., Susbiyanto, S., ... & Ikhlas, M. (2019). E-Module based problem solving in basic physics practicum for science process skills.

Depdiknas. 2003. Undang-undang nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.

Dimyati dan Mudjiono. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Glass, G.V., McGaw B., & Smith, M.L. (1981). Meta-Analysis in Social Research. Sage Publications. London: Sage Publications

Handayani, U. (2016). Pengembangan modul fisika berbasis problem based learning (pbl) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada materi usaha dan energi di sma/ma (Doctoral dissertation, UNS (Sebelas Maret University)).

Hidayat, K., Kade, A., & Haeruddin, H. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) menggunakan bahan ajar berbasis E-Materi terhadap pemahaman konsep fisika pada siswa kelas X SMAN 1 Biromaru. JPFT (Jurnal Pendidikan Fisika Tadulako Online), 1(3), 23-31.

Ibrahim, M., & Nur, M. 2005. Pengajaran berdasarkan masalah (Edisi 2). Surabaya: Unesa University Press.

Inel, D dan Balim A. 2010. “The Effect of Using Problem-Based Learning in Science and Technology Teaching upon Students’ Academic Achievement and Levels of Structuring Concepts”. Asia Pacific Forum on Science Learning & Teaching, 11(2).

Lutfa, A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBL (Problem Based Learning) untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains pada Siswa SMA. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 3(2).

Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2018, May). Pengembangan E-modul Fisika Berbasis Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. In Quantum: Seminar Nasional Fisika, dan Pendidikan Fisika (pp. 1-13).

Mayanty, S., Astra, I. M., & Rustana, C. E. (2020). EFEKTIFITAS PENERAPAN E-MODUL BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA SMA. Navigation Physics: Journal of Physics Education, 2(2), 98-105.

Mundilarto. (2010). Penilaian Hasil Belajar Fisika. Yogyakarta : P2IS UNY

Prameswari, A., & Wahyudi, W. (2019). Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Problem Based Learning dan Model Project Based Learning Ditinjau Dari Katerampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Fluida Dinamis Kelas XI SMA Panca Bhakti Pontianak. JURNAL PENDIDIKAN SAINS DAN APLIKASINYA, 2(2), 60-65.

Purba, F. J. (2015). Pengaruh model problem based learning (PBL) dengan pemahaman konsep awal terhadap keterampilan proses sains (KPS) siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 8-13.

Rusmiyati, A., & Yulianto, A. (2009). Peningkatan keterampilan proses sains dengan menerapkan model problem based-instruction. Jurnal pendidikan fisika indonesia, 5(2).

Rupika. Darmawan,H. 2018. Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Sains Teknologi Masyarakat Dan Model Problem Based Learning Ditinjau Dari Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Listrik Dinamis Di Kelas X Sma Negeri 1 Boyan Tanjung. Jurnal Pendidikan Sains dan Aplikasinya. Vol 1. Nomor 1. 2018. e-ISSN: 2655-1373.

Santyasa, I W. 2008. Pengembangan Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Bagi Siswa SMA dengan Pemberdayaan Model Perubahan Konseptual Berseting Investigasi Kelompok. Jurusan Pendidikan Fisika Universitas Pendidikan Ganesha.

Sakti, I, dkk. 2012. Pengaruh Model Pembalajaran Langsung (Direct Instruction) Melalui Media Animasi Berbasis Macromedia Flash Terhadap Minat Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika Siswa di SMA Plus Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Exacta Vol.X : 1-10. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bengkulu.

Sellavia, P., Rohadi, N., & Putri, D. H. (2018). Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Laboratorium untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMAN 10 Kota Bengkulu. Jurnal Kumparan Fisika, 1(3 Desember), 13-19.

Septriana, & Handoyo. 2006. Penerapan think pair share (TPS) dalam pembelajaran ooperatif untuk meningkatkan prestasi belajar geografi. Jurnal Pendidikan Inovatif. 2(1). 47-50.

Serevina, V. (2018). Development of E-Module Based on Problem Based Learning (PBL) on Heat and Temperature to Improve Student's Science Process Skill. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(3), 26-36.

Trianto, (2009). Mendesain ModelPembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta. Kencana 2010.

Tawil, Muh. dan Liliasari. (2014). Keterampilan-Keterampilan Sains dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar : UNM.

Tumangkeng, Y. W., Yusmin, E., & Hartoyo, A. (2018). Meta-Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(6).

Wirda, W., Gani, A., & Khaldun, I. (2015). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Alat-alat Optik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(2), 131-142.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.