The Effect of Online Discovery Learning in Google Classroom Environment on Students Scientific Literacy Skills
Abstract
Abstract: This research aimed to determine the effect of the discovery learning models using a google classroom to develop the scientific literacy abilities. The sample of this research is tenth grade students of science 2 and science 3 groups which are selected through purposive sampling technique. The data are analyzed statistically with an independent sample t-test. The average results of the N-gain scientific literacy ability of the experimental class (0.45 plus minum 0.11) with medium category and the control class (0.29 plus minus 0.14) with low category. The average percentage for student presentations is 83.75 percent, while the learning implementation observation sheet has a 94.4 percen. The results showed that there is a significant effect of using online discovery learning in google classroom environment towards the improvement of scientific literacy skills of tenth graders students in ecosystems topics.
Keywords: discovery learning, scientific literacy, google classroom.
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model online discovery learning menggunakan google classroom terhadap peningkatan kemampuan literasi sains siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 2 dan X IPA 3 yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dianalisis secara statistik dengan independent sample t-test. Rata-rata hasil N gain kemampuan literasi sains kelas eksperimen (0,45 plus minus 0,11) dengan kategori sedang dan kelas kontrol (0,29 plus minus 0,14) dengan kategori rendah. Rata-rata persentase presentasi siswa sebesar 83,75 persen, sedangkan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran sebesar 94,4 persen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan pembelajaran discovery online dengan google classroom terhadap pengembangan kemampuan literasi sains siswa kelas X pada materi ekosistem.
Kata kunci: pembelajaran discovery, literasi sains, google classroom.
Full Text:
PDFReferences
Effendi, Leo Adhar. 2012. Pembelajaran Matematika Dengan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Representatif dan Pemacahan Masalah Matematis Siwa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol, 13(2):4.
Hassasiyah, Siti Hardiyanti, et al. 2020. Analisis Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP pada Materi Siklus Darah. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. Vol, 6 (1): 6.
Hosnan, M. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Juniati, Norma, et al. 2020. Penggunaan Multimedia Pembelajaran Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pijar MIPA. Vol, 15 (4): 315.
Mustofa, Zainul. 2019. Pengaruh Discovery Learning Berbantuan E-Learning Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa Tentang Konsentrasi Larutan Dan Aplikasinya. Jurnal Teknologi Pendidikan. Vol, 7 (1): 18.
Ratnawati, H & Sulisworo, D. 2021. Efektivitas E-learning Berbasis LMS Google Classroom Dengan Strategi Discovery Learning Materi Fluida Statis SMA. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika. Vol, 6(2): 144.
Rikizaputra & Hanna Sulastri. 2018. Pengaruh E-Learning Dengan Google Classroom Terhadap Hasil Dan Motivasi Belajar Biologi Siswa. Jurnal Pendidikan. Vol, 11(1): 117.
Toharudin Uus, Hendrawati dan Rustman. 2011. Membagun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung : Humaniora.
Wahyuningsih, Yuli, et al. 2019. Menguatkan Kemampuan HOTS dengan Literasi Sains pada Model Discovery Learning. Prosiding. Vol, 1: 679.
Wardany, Ossy dan Sani, Yulvia. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Bagi Anak Berkebutuhan Khusus (Survei Terhadap Orangtua dan Pendidik di Lampung). Jurnal Pendidikan Khusus. Vol, 16 (2): 48-64.
Yaumi, et al. 2017. Penerapan Perangkat Model Discovery Learning pada Materi Pemanasan Global untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Kelas VII. E-Journal Pensa. Vol. 05 (2): 38-45.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Pendidikan MIPA
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.