Online Learning Satisfaction Analysis of the Faculty of Computer Science Using the Fuzzy Logic Method

Yogi Ersan Fadrial, Ambiyar Ambiyar, Fadhilah Fadhilah, Syahril Syahril, Rizki Novendra, Sutejo Sutejo

Abstract


Abstract: Online learning is learning that uses the internet network with accessibility, connectivity, flexibility, and the ability to bring up various types of learning interactions. Satisfaction is a person's feelings of pleasure or disappointment that arise after comparing his perceptions of the performance or results of a product and his expectations. Research on student perceptions of online learning is limited to aspects of teaching and learning, the ability of lecturers, facilities and infrastructure. To get results from the perception or opinion of a student from the level of satisfaction of online lectures, it can be done using the Mamdani Fuzzy logic method and for calculations using the Slovin formula. 

Keywords: technology, fuzzy logic, online learning, model.

Abstrak: Belajar online merupakan pembelajaran yang menggunakan jaringan internet dengan aksesibilitas, konektivitas, fleksibilitas, dan kemampuan untuk memunculkan berbagai jenis interaksi pembelajaran. Kepuasan merupakan perasaan senang atau kecewa seseorang yang muncul setelah membandingkan antara persepsi terhadap kinerja atau hasil suatu produk dan harapan-harapannya. Penelitian persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dibatasi pada aspek belajar mengajar, kemampuan Dosen, sarana dan prasarana. Untuk mendapatkan hasil dari persepsi atau pendapat seorang mahasiswa dari tingkat kepuasan perkuliahan online dapat dilakukan dengan menggunakan metode Fuzzy logic mamdani dan untuk perhitungan menggunakan rumus Slovin.

Kata kunci: teknologi, fuzzy logic, pembelajaran online, model.


DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jpmipa/v22i2.pp256-261


Full Text:

PDF

References


Smaldino, Sharon E, dkk ( 2019). Instructional Technology & Media For Learning.Pearson Education. Inc.

Bentley dan Whitten., (2009:160), System Analysis and Design For The Global Enterprise.

Basu Swastha dan Irawan. 2003. “Manajemen Pemasaran Modern”. (Edisi kedua). Cetakan kesebelas. Yogyakarta : Liberty Offset.

Carolina, I., Supriyatna, A., & Puspitasari, D. (2020). Analisa Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Era Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Riset Dan Information Science (SENARIS), 2, 342–347.

Fitria. (2017).. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Hartaji, Damar A. (2019). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orang Tua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. (tidak diterbitkan)

Journal, D., Education, O., Miftah, Z., & Sari, I. P. (2020). ANALISIS SISTEM PEMBELAJARAN DARING. October, 40–48.

Kotler, P. (2017). Manajemen Pemasaran,Edisi Milenium. (2017). Jakarta: PT.Prenhallindo.

Matematika, S. (2017). Analisis Kepuasan Mahasiswa Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Metode Fuzzy Service Quality (Studi Kasus Di Jurusan Matematika Fmipa Usu). Saintia Matematika, 2(2), 163–171.

Nurrohim, N. (2020). Analisis Kepuasan Siswa Kelas IX Sekolah Menengah Pertama Terhadap Pembelajaran Daring Mata Pelajaran PJOK Pada Masa Pandemi Covid-19 Kecamatan Purwanegara 2020. Journal of Physical Activity and Sports, 1(1), 133–146.

Nugroho, W. (2021). Kepuasan Siswa terhadap Pembelajaran Daring Menggunakan Microsoft Teams dan Video Youtube pada Materi Program Linier. Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics), 5(2), 111.

Prasetya, T. A., & Harjanto, C. T. (2020). Pengaruh Mutu Pembelajaran Online Dan Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Hasil Belajar Saat Pandemi. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 17(2), 188–197.

Rakhmadian, M., Hidayatullah, S., Respati, H., & Malang, U. M. (2017). ANALISIS KUALITAS SISTEM DAN KUALITAS INFORMASI TERHADAP PENDAHULUAN

Setiawan, A. R., Puspaningrum, M., & Umam, K. (2019). Pembelajaran Fiqih Mu’Āmalāt Berorientasi Literasi Finansial. TARBAWI : Indonesian Journal of Islamic Education, 6(2), 187–192

Sihombing, P. 2017. Peduli Matematika. http://www.peduli-matematika.org/page. diakses tanggal 29 April 2011

Sugiyono, 2009, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung :

Winata, A., Benny, N., Informasi, S., Dan, K., & Siska, A. (2019). Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap. ANALISIS TINGKAT KEPUASAN MAHASISWA TERHADAP SISTEM INFORMASI KEUANGAN DAN AKADEMIK (SISKA) IIB DARMAJAYA Andri, 02(01), 1 of 16.


Refbacks



Copyright (c) 2021 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.