Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa

Brigita Ayu Kirana Dewi, Caswita Caswita, Widyastuti Widyastuti

Abstract


Abstract: The Effect of Guided Discovery Learning Towards Students Mathematical Problem Solving and Self-Efficacy. This experimental research aimed to find out of effect of guided discovery learning model towards students problem solving skill and self-efficacy. The population in this research was all students of grade 8th of SMPN 12 Bandarlampung in academic year 2018 2019 as many as 299 students, that distributed into ten classes. The student of class VIII B as many as 28 students and class VIII C as many as 31 students were selected as research samples by cluster random sampling technique. The design used in this research was the pretest posttest control group design. The data in this research was quantitative data that obtained by mathematical problem solving test and self efficacy scale. The  data were analized used t test and Mann Whitney test. The result of analysis data was known that theres been a change in the students problem solving skill and students self-efficacy. Those change indicate that there is an increase of the data students problem solving skill and students self-efficacy through guided discovery learning model was higher than the data of students problem solving skill and students self-efficacy through non guided discovery learning model. So that, guided discovery learning model has effect towards the students mathematical problem solving skill and self efficacy.

 

Keywords: guided discovery learning, mathematical problem solving, self-efficacy

 

Abstrak: Pengaruh Guided Discovery Learning Terhadap Pemecahan Masalah Matematis dan Self-Efficacy Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model guided discovery learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Bandarlampung tahun pelajaran 2018 2019 sebanyak 299 siswa yang terdistribusi dalam sepuluh kelas. Siswa kelas VIII B sebanyak 28 siswa dan VIII C sebanyak 31 siswa terpilih sebagai sampel penelitian yang diambil dengan teknik cluster random sampling. Desain yang digunakan adalah pretest-posttest control group design. Data penelitian berupa data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan skala self efficacy. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney  dengan . Dari hasil analisis data terdapat perubahan pada kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa. Perubahan tersebut ditunjukkan dengan adanya peningkatan pada kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa dengan model guided discovery learning yang lebih tinggi daripada data kemampuan pemecahan masalah matematis dan self efficacy siswa dengan model non guided discovery learning. Dengan demikian, model guided discovery learning berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan self-efficacy siswa.

 

Kata kunci: guided discovery learning, pemecahan masalah matematis, self-efficacy


Full Text:

PDF

References


Annajmi. 2016. Peningkatan Kemam¬puan Pemahaman Konsep Mate¬matik Siswa SMP melalui Metode Penemuan Terbimbing. Journal of Mathematics Education and Science. (Online), Jilid 2, No. 1, (https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/mesuisu/article/view/110/187), diakses pada 17 April 2019.

Bandura, A. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: W.H. Freeman and Company.

Bisri. 2018. Pengaruh Model Pem¬belajaran Guided Discovery Ter¬hadap Kemam¬puan Pemecah¬an Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 6 No. 7. (https://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/17057), diakses pada 14 Maret 2019.

Fadillah, Syarifah. 2009. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA Universitas Negri Yogyakarta. (Online), (http://eprints.uny.ac.id/12317/1/M_Pend_35_Syarifah.pdf), diakses pada 15 Maret 2019.

Feby dan Khisbiyatul. 2018. Imple¬mentasi Model Pembelajaran Pe¬nemuan Terbimbing Terhadap Self-Efficacy Siswa. Prosiding Senco 2018, Science Education National Conference 2018. (Online), (http://journal.trunojoyo.ac.id/nser/article/view/4805), diakses pada 20 Maret 2019.

Hana dan Siti. 2015. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Pembelajaran Mate¬matika dengan Meng¬gunakan Model Pembelajaran Generatif (Generatif Learning) di SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, (Online), Jilid 3, No. 2, (https://ppjp.ulm.ac.id/journal/index.php/edumat/article/view/644), diakses pada tanggal 11 Oktober 2018.

Komara, Indra Bangkit. 2016. Hubungan Kepercayaan Diri dengan Prestasi Belajar dan Perencanaan Karir Siswa. Jurnal Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan. (Online), Jilid 5 No. 1. (http://journal.uad.ac.id/index.php/PSIKOPEDAGOGIA/article/view/4474), diakses pada 16 April 2019.

Mahardikawati, Ema. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Langkah-langkah Polya. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Julid 1 No. 4, (http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/matematika/article/download/11608/8310), diakses pada 15 Maret 2019.

Nuraina. 2018. Pengaruh Model Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Peme¬cah¬an Masalah Mate¬matis Siswa pada Materi Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 10 No. 3, (https://jurnal.umuslim.ac.id/indez.php/VRS/index/article/view/2085/6172), diakses pada 14 Maret 2019.

OECD. 2016. PISA 2015 Results (Volume I): Excellence and Equity in Education. (Online),

(https://ei-ie.org/media_gallery/81459.pdf), diakses 20 Okto¬ber 2018.

Puspita, Era. 2017. Efektivitas Guided Discovery Learning Ditinjau dari Kemampuan Representasi Mate¬matis dan Self-Efficacy. Jurnal Pendidikan Matematika. (Online), Jilid 5 No. 7 , (http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/MTK/article/view/13518/pdf), diakses pada 15 Maret 2019.

Rokhimah, Siti. 2015. Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi. Journal Pisikologi. (Online), Jilid 3 No. 1 (http://ejournal.psikologi.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2015/02/JURNAL%20IMAH%20(02-12-15-05-25-40).pdf), diakses pada 18 Maret 2019.

Suminar dan Meilani. 2016. Pengaruh Model Discovery Learning dan Poblem Based Learning Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Managemen Perkantoran. (Online) Jilid 1 No. 1, (http://ejournal.upi.edu/index.php/jpmanper/article/view/3339), diakses pada 20 Maret 2019.

Sahrudin, Asep. 2016. Implementasi Model Pembelajaran Means-Ends Analysis untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Pendidikan UNSIKA. (Online), Vol. 4 No. 1, (https://journal.unsika.ac.id/index.php/judika/article/view/233), diakses pada 15 Maret 2019.

TIMSS. 2011. Timss 2011 and Timss Advanced 2015 International Results. (Online), (http://timss

org/), diakses 7 Septem¬ber 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Pendidikan MIPA

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Creative Commons License
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan MIPA that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.