MODEL PROBLEM SOLVING EFEKTIF DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA MAN 1 BANDAR LAMPUNG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran problem solving dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi larutan non-elektrolit dan elektrolit serta redoks siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen, dengan rancangan penelitian non equivalent control group design. Teknik analisis data menggunakan skor n-Gain, antara pretest dan posttest pada kelas eksperimen dan kontrol, dan pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan skor rerata n-Gain terbukti secara signifikan bahwa rerata n-Gain kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol. Hasil tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains pada materi larutan elektrolit dan nonelektrolit serta redoks siswa kelas X MAN 1 Bandar Lampung TP 2012-2013
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c)