MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KETERAMPILAN BERPIKIR TERPERINCI MELALUI DISKUSI PADA MATA KULIAH KIMIA FISIK I

Lisa Tania

Abstract


Pembelajaran Kimia Fisik I biasanya dilakukan dengan metode ceramah, hal ini membuat pembelajaran berpusat pada dosen (teacher centered learning) sehingga mahasiswa menjadi pasif dalam menerima materi. Seharusnya mahasiswa aktif dalam  membangun konsepnya dan berusaha sendiri untuk memikirkan apa yang sebaiknya dilakukan untuk mencapai tujuan belajar. Pada materi entalpi, mahasiswa juga dituntut untuk memiliki keterampilan berpikir terperinci dalam menurunkan atau mengintegralkan persamaan dalam membangun konsep, yang kemudian diterapkan dalam soal. Metode diskusi merupakan  salah satu metode pembelajaran yang  me-libatkan partisipasi aktif mahasiswa untuk menemukan konsep dalam pembel-ajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan keterampilan berpikir ter-perinci mahasiswa pada mata kuliah Kimia Fisik I. Subjek penelitian adalah maha-siswa yang mengambil mata kuliah Kimia Fisik I pada semester ganjil TA 2013-2014 yang berjumlah 39 orang.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang  meliputi 4 siklus, tiap siklusnya terdiri dari tahapan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan pemberian umpan balik (see). Hasilnya, terdapat peningkatan aktivitas mahasiswa dilihat dari antusias mereka dalam berdiskusi pada tiap siklusnya. Keterampilan berpi-kir terperinci mahasiswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)