GEOGRAPHY STUDENTS PERCEPTION OF ONLINE LEARNING SYSTEMS IN COVID PANDEMIC CONDITIONS 19

Rosalina Kumalawati, Karnanto Hendra Murliawan, Astinana Yuliarti

Abstract


Indonesia is one of the developing countries affected by Covid-19 . The development of Covid-19 has increased in recent months . This research is quantitative descriptive. The population in the study were 88 students of the Geographic Study Program at Lambung Mangkurat University . The population is equal to the number of samples. D ata primary and secondary data used in this study . Data processing by way of classifying the results of the questionnaire, and calculate the percentage. Data was collected by survey method and analyzed using Rank Spearman's non-parametric statistical method. The findings of the study were to determine the Geography Student's Perception of the Online Learning System so that it could be used to overcome learning problems in the Covid-19 pandemic conditions. Limitations of the study is to limit the perception of geography student at an online learning system for the subject of Hydrology , and Meteorology . Perceptions of subjects are limited to two subjects . The results showed the Geography Student's Perception of Online Learning System in Covid-19 Pandemic Conditions for Hydrological subjects was low while the Meteorology Climatology course was moderate. Students' skills in using the internet in Geography students for the Climatology and Hydrology and Meteorology courses are at a moderate level. The implementation of the online learning system must be supported by all students and all parties. The online learning system is expected to be one of the solutions in learning in the Covid-19 pandemic conditions, so as to reduce the spread of Covid-19. 

Indonesia merupakan salah satu negara berkembang yang terkena Covid-19. Perkembangan Covid-19 meningkat dalam beberapa bulan terakhir. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Program Studi Geografi FISIP Universitas Lambung Mangkurat sebanyak 88 orang. Jumlah populasi sama dengan jumlah sampel. Data primer dan data sekunder digunakan dalam penelitian ini. Pengolahan data dengan cara mengelompokkan hasil kuesioner, dan menghitung persentase. Data dikumpulkan dengan metode survai dan di analisis menggunakan metode statistic non-parametrik Rank Spearman. Temuan dari penelitian adalah mengetahui Persepsi Mahasiswa Geografi terhadap Sistem Pembelajaran Online sehingga dapat digunakan untuk mengatasi masalah pembelajaran pada kondisi pandemic Covid-19. Keterbatasan penelitian adalah membatasi persepsi mahasiswa geografi pada sistem pembelajaran online untuk matakuliah Hidrologi, dan Meteorologi Klimatologi. Persepsi terhadap matakuliah dibatasi pada dua matakuliah. Hasil penelitian menunjukkan  Persepsi Mahasiswa Geografi terhadap Sistem Pembelajaran Online pada Kondisi Pandemik Covid-19 untuk matakuliah Hidrologi adalah rendah sedangkan matakuliah Meteorologi Klimatologi adalah sedang. Ketrampilan mahasiswa menggunakan internet pada mahasiswa Geografi untuk matakuliah Hidrologi dan Meteorologi Klimatologi berada ditingkat sedang.  Pelaksanaan sistem pembelajaran online harus didukung oleh semua mahasiswa dan semua pihak. Sistem pembelajaran online diharapkan mampu menjadi salah satu solusi dalam pembelajaran pada kondisi pandemik Covid-19, sehingga dapat mengurangi penyebaran Covid-19.


Keywords


Student Perception, Learning System, Online , Covid-19 Pandemic

Full Text:

PDF

References


Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44-58.

Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi pendidikan, 5(1), 64-70.

Aditya, D. (2009). Penelitian Deskriptif. Surakarta: Politeknik Kesehatan. Surakarta

Candiasa, I M. (2003). Komunikasi Pembelajaran Bermedia Komputer.No Publish. Singaraja: IKIP Negeri Singaraja.

Dana Riksa Buana,(2020). Analisis Perilaku Masyarakat Indonesia dalam Menghadapi Pandemi Virus Corona (Covid-19) dan Kita Menjaga Kesejahteraan Jiwa. Journal Sosial dan Budaya Syar-i. FSH UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Vol. 7 No. 3 (2020), pp.217-226, DOI: 10.15408/sjsbs.v7i3.15082

D Malik, (2020). Anies Tutup Lokasi Wisata di Jakarta, Wisatawan Pindah ke Puncak Bogor. Vivanews. https://www.vivanews.com/berita/nasional/40497-anies-tutup-lokasi• wisata-di-jakarta-wisatawan-pindah-ke-puncak-bogor?medium=autonext

Elhaq, I. H., & Satria, A. (2011). Persepsi Pesanggem Mengenai Hutan Mangrove Dan Partisipasi Pesanggem Dalam Pengelolaan Tambak Mangrove Ramah Lingkungan Model Empang Parit. Sodality: Jurnal Sosiologi Pedesaan, 5(1). http://doi.org/10.22500/sodality.v5i1.5829

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81-89.

Hoi, S. C., Sahoo, D., Lu, J., & Zhao, P. (2018). Online learning: A comprehensive survey.

Ife, J., & Tesoriero, F. (2008). Alternatif pengembangan masyarakat di era globalisasi community development : OPAC USU Library. (Sastrawan Manulang, Ed.) (Edisi Ke-3).Yogyakarta:Pustaka Pelajar. Retrieved from http://digilib.usu.ac.id/buku/87870/Alternatif-pengembangan-masyarakat-di-era-globalisasi-community-evelopment.html.

Keukeu Rohendi., Luri Setiawan, (2017). Aplikasi Pemetaan Kost dan Kontrakan di sekitar Kampus dan Instansi di Kota Padang. Indonesian Journal of Computer Science. ISSN 2302-4364 (print), 2549-7286 (online). Volume 6, No.1.

Ke, Fengfeng & Hoadley, C.( 2009). Evaluating Online Community Learning. Education Tech Research Dev, 57: 487-491

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia, 10(1), 41-48.

Mulyadi, M. (2011). Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran Dasar Menggabungkannya. Journal Studi Komunikasi Dan Media,15(1),128-137.

Muzid, S., & Munir, M. (2005). Persepsi Mahasiswa Dalam Penerapan e-Learning sebagai Aplikasi Peningkatan Kualitas Pendidikan (Studi Kasus Pada Universitas Islam Indonesia). Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005)

Nurul,Q.,Dhia F.,Kirana.M.,Wardah.H.(2020). Penggunaan Analitik Hirarki Proses Dalam Menentukan Preferensi Platform Pembelajaran Daring Selama Masa Tanggap Darurat Covid-19 Pada Mahasiswa Ugm Yogyakarta. DO- 10.13140/RG.2.2.11562.98248

N.W. Koesmawardhani, (2020). Pemerintah Tetapkan Masa Darurat Bencana Corona hingga 29 Mei 2020. Detik news. Diunduh dari https://news.detik.com/berita/d -4942327/pemerintah tetapkan-masa-darurat-bencana-corona-hingga-29-mei-2020

Puji lestari, Y. (2020). Dampak Positif Pembelajaran Online Dalam Sistem Pendidikan Indonesia Pasca Pandemi Covid-19. 'ADALAH, 4(1).

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Hyun, C. C., Wijayanti, L. M., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 1-12.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS) (Vol. 1, No. 1).

Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon Mahasiswa Pada Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Mata Kuliah Pengantar Hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1- 12.

Rakhmat, D. (2000). Psikologi komunikasi. Yogyakarta: Kanisius

Setemen, K. (2010). Pengembangan evaluasi pembelajaran online. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3).

Susanti (2007). Pengaruh Faktor Internal Mahasiswa Terhadap Partisiapsi Mahasiswa Dalam Tutorial Online. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh, 8 (1), 68-82.

Sugihartono. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Walgito. (2003). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: PT Andi.

Yuliana, E., & Winata, A. (2009). Persepsi Mahasiswa Terhadap Tutorial Online Mata Kuliah Pengelolaan Wilayah Pesisir Dan Laut (Kasus: Program Magister Manajemen Perikanan Universitas Terbuka). Jurnal Pendidikan Terbuka Dan Jarak Jauh, 10(2), 118-128.

Yusuf, Muri. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment

Copyright (c) 2020 Journal Learning Geography

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

INDEXING JOURNAL:


google-scholar-png | INSPIRASI        Neliti - Tech in Asia       Indexing and Abstracting | Indonesian Journal of Community Dedication     Mengenal Crossref (Cross Reference)