Pengaruh Lingkungan Sekolah, Keluarga, dan Teman Sebaya terhadap Hasil Belajar Siswa MTs: Pendekatan Kuantitatif dengan Analisis Simultan

Fanni Rahmawati, Rahmawati Rahmawati, Widya Hestiningtyas, Nur Fitriani, Verdyan Nur Afriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah, keluarga, dan teman sebaya terhadap hasil belajar siswa MTs. Dengan pendekatan kuantitatif deskriptif komparatif, penelitian ini menggunakan metode survei eksplanatori yang melibatkan 51 siswa sebagai responden. Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur yang validitas dan reliabilitasnya diuji menggunakan korelasi Pearson dan koefisien Cronbach’s Alpha. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lingkungan sekolah memiliki pengaruh terbesar terhadap hasil belajar siswa, diikuti oleh teman sebaya dan lingkungan keluarga. Analisis regresi menunjukkan bahwa ketiga variabel memiliki pengaruh simultan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa sinergi antara lingkungan sekolah, keluarga, dan teman sebaya diperlukan untuk menciptakan ekosistem pendidikan yang inklusif dan mendukung. Implikasi penelitian ini mencakup rekomendasi untuk pengembangan kebijakan pendidikan yang lebih holistik serta program intervensi yang mendukung keterlibatan keluarga, sekolah, dan teman sebaya dalam mendukung hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Lingkungan Sekolah, Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Hasil Belajar, Pendidikan Inklusif

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v5i2.96-101


Full Text:

PDF

References


Alhafid, A. F., & Nora, D. (2020). Kontribusi dukungan sosial orang tua dan peran teman sebaya terhadap hasil belajar sosiologi siswa kelas X dan XI di SMA Negeri 2 Bengkulu Selatan. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(4), 284-300.

Aini, S. N., Jihan, J., Nuraini, F., Saripuddin, S., & Gunawan, H. (2023). Kualitas Pendidikan Dan Pola Asuh Orang Tua: Sebuah Tinjauan Multidisiplin. Journal on Education, 5(4), 11951-11964.

Budiana, H. R., Sjafirah, N. A., & Bakti, I. (2015). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam pembelajaran bagi para guru SMPN 2 Kawali desa Citeureup kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, 4(1).

Duckworth, A. L., Quinn, P. D., & Tsukayama, E. (2021). Revisiting the factor structure of grit: A commentary on Duckworth and Quinn (2009). Journal of Personality Assessment, 103(5), 573-575.

Dunggio, T. (2023). Hubungan Antara Sarana Prasarana, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Mahasiswa: Perspektif dan Implikasinya. Jurnal Bisnisman: Riset Bisnis Dan Manajemen–Oktober-Januari, 4(3).

Fadhilah, N., & Mukhlis, A. M. A. (2021). Hubungan lingkungan keluarga, interaksi teman sebaya dan kecerdasan emosional dengan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan, 22(1), 15-31.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang: Universitas Diponegoro

Gista, N. A. (2021). Hubungan Antara Interaksi Teman Sebaya Dengan Motivasi Belajar Saat Pandemi Covid-19 Pada Siswa Smp Di Kota Bima (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Idi, A. (2019). Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Ismayani, A. (2019). Metodologi penelitian. Syiah Kuala University Press.

Jamil, I. M. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi prestasi belajar anak. Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak (JIPA), 1(1).

Kadir, A. (2015). Dasar-dasar pendidikan. Kencana.

Kurniawan, D. (2022). Pengaruh Lingkungan Sekolah Terhadap Minat Belajar Siswa di Sekolah Dasar. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series (Vol. 5, No. 6, pp. 373-378).

Kusumawati, I., Lestari, N. C., Sihombing, C., Purnawanti, F., Soemarsono, D. W. P., Kamadi, L., ... & Hanafi, S. (2023). Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.

Lince, L. (2022, May). Implementasi kurikulum merdeka untuk meningkatkan motivasi belajar pada sekolah menengah kejuruan pusat keunggulan. In Prosiding Seminar Nasional Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIM Sinjai (Vol. 1, pp. 38-49).

Noviyanti, D. V., El-Yunusi, M. Y. M., & Darmawan, D. (2024). Pengaruh Bimbingan Belajar, Regulasi Emosi, Dan Metode Pemberian Tugas Terhadap Kejenuhan Belajar Siswa Di Sma Khairunnas Gunung Anyar Surabaya. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 7(2), 3717-3729.

Pratiwi, A., Cipta, N. H., & Rokmanah, S. (2023). Peranan Guru Dalam Mengembangkan Kompetensi Pedagogik Untuk Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(5), 981-997.

Rachmaningtyas, A. T., & Khoirunnisa, R. N. (2022). Hubungan antara dukungan sosial teman sebaya dan self-regulated learning pada mahasiswa tahun pertama di masa pandemi covid-19. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 9(1), 34-45.

Rosmalinda, D., & Zulyanty, M. (2019). Dukungan Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas Unggul. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 64- 75.

Rufaedah, E. A. (2020). Peranan pendidikan agama dalam keluarga terhadap pembentukan kepribadian anak-anak. Counselia; Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam, 1(1), 8-25.

Rumambi, F. J. (2023). Dampak lingkungan terhadap kualitas pendidikan: peran manajemen lingkungan berkelanjutan. JMBA Jurnal Manajemen dan Bisnis, 9(2), 10-19.

Sarnoto, A. Z., & Romli, S. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional (Eq) Dan Lingkungan Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sma Negeri 3 Tangerang Selatan. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam Dan Manajemen Pendidikan Islam, 1(1), 55-75.

Sisbintari, K. D., & Setiawati, F. A. (2021). Digital Parenting sebagai Upaya Mencegah Kecanduan Gadget pada Anak Usia Dini saat Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1562-1575.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susanti, S. (2021). Hubungan Interaksi Teman Sebaya Vandalis Dengan Kecenderungan Perilaku Vandalisme Pada Remaja Di Kota Bandar Lampung.

Widyaningrum, R. K. N., & Mahmudah, F. N. (2019). Kreasi iklim sekolah melalui gerakan sekolah menyenangkan di SD Muhamammadiyah Mantaran. Profesi Pendidikan Dasar, 6(2), 115-128.

Winei, A. A. D., Ekowati, E., Setiawan, A., Jenuri, J., Weraman, P., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Lingkungan Sekolah terhadap Hasil Belajar dan Kesehatan Mental Siswa. Journal on Education, 6(1), 317-327.

Yuliardi, Ricki & Nuraeni, Z. 2015. Statistika Penelitian; Plus Tutorial SPSS. Yogyakarta: Innosain

Zubaidah, S. (2016, December). Keterampilan abad ke-21: Keterampilan yang diajarkan melalui pembelajaran. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, No. 2, pp. 1-17).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Fanni Rahmawati, Rahmawati Rahmawati, Widya Hestiningtyas, Nur Fitriani, Verdyan Nur Afriyanto

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141