Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Civic Responsibility Peserta Didik di SMA N 1 Pringsewu

Muhammad Malik Purnama Purnama, Berchah Pitoewas, Ana Mentari

Abstract


Penelitian ini berfokus kepada pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Pembelajaran daring merupakan salah satu kebijakan yang diambil pemerintah dalam sektoral pendidikan untuk mencegah penularan dan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu, bagaimanakah pengaruh antara pembelajaran daring terhadap civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskritif dengan pendekatan kuantitatif, dalam mengumpulkan data di lapangan peneliti menggunakan instrumen angket yang berisi pernyataan yang disesuaikan dengan indikator variabel independen dan dependen. Hasil dari penelitian ini diketahui bahwa penerapan pembelajaran daring mempengaruh tingkat tanggung jawab atau civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu. Hal tersebut terlihat dari indikator-indikator yang diajukan peneliti kepada responden. Menurunnya tingkat tanggung jawab atau civic responsibility peserta didik di SMAN 1 Pringsewu tidak serta merta dipengaruhi oleh pembelajaran daring saja, melainkan ada faktor lain yang mempengaruhi tanggung jawab peserta didik diluar pembelajaran daring, diantaranya ialah kesadaran dari masing-masing peserta didik itu sendiri, kurangnya percaya diri akan kemampuan yang dimiliki, dan juga kurang optimalnya peran dari guru bimbingan konseling. Oleh karena itu, untuk meningkatkan tanggung jawab peserta didik, point-point yang mempengaruhi civic responsibility  peserta didik harus ditingkatkan baik oleh masing-masing peserta didik itu sendiri dan juga dibantu dengan peran lembaga pendidikannya.

Kata Kunci: Pembelajaran Daring, Civic Responsibility, Peserta Didik

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v5i1.1-9


Full Text:

PDF

References


Adha, Aan Sulono.1988. Pendidikan Moral Pancasila. Jakarta. Intan Pariwara. hlm.102.

Adiwiyoto, Anton. 2001. Melatih Anak Bertanggung Jawab.Jakarta. Mitra Utama.

Agus Wibowo.2012. Pendidikan Karakter. Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Yogjakarta. Pustaka Pelajar. hlm. 8-86.

Ahmad Zayadi dan Abdul Mujid.2013 Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta . Rajawali Press.hlm. 8.

Anissatul Mufarokah.2013. Strategi Dan Model-Model Pembelajaran. Tulungagung. STAIN Tulungagung Press. hlm. 1

Arikunto. Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. Rineka Cipta.

Astuti, Chatarina Puji. 2005. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Bosco Semarang Tahun Ajaran 2003/2004. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Aly, Hery Noer.1999. Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta.Logos.

Djahiri, A. Kosasih. 2002. Moral and Character Teaching Values and Social Moral Development. Bandung. Lab. Pengajaran PMP FPIPS UPI.

Isman. Mhd. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan). The Progressive and Fun Education Seminar. hlm586.

Mohamad Surya.2014. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran.Bandung. Pustaka Bani Quraisy.hlm. 7.

Molinda. M. 2005. Instructional Technology and Media for Learning New JerseyColombus. Ohio.

Muhammad Fathurrohman. 2015.Model-model Pembelajaran Inovatif Jogjakarta: Ar-Ruzz Media. Hlm. 16.

Nakayama M. Yamamoto H. & S. R. 2007. The Impact of Learner Characterics on Learning Per

formance in Hybrid Courses among Japanese Students. Elektronic Journal ELearning. Vol.5(3).1.

Narwanti. Sri. 2011. Pendidikan Karakter: Pengintegrasian 18 Nilai Pembentuk Karakter dalam Mata Pelajaran. Yogyakarta. Familia.

Republik Indonesia. 2020. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.No.15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Jakarta. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Punaji, Setyosari.2010. Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta. Kencana.

Pangonandian, Roman.dkk. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS). Hal. 58.

Rusman. 2018. Belajar dan Pembelajaran Berbasis Komputer. Bandung. Alfabeta.

Subagyo, Joko. 2011. Metode Penelitian Dalm Teori dan Praktek. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung. PT. Alfabet.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif. Kualitatif. dan R&B). Bandung. Alfabeta.

Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung.Graha Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2000. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: PT Rineka Cipta. hlm. 155.

Syah, Hidayat. 2010. PengantarUmum Metodologi PenelitianPendidikan Pendekatan Verivikatif. Pekanbaru. Suska Pres.

Syaiful Sagala.2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung. Alfabeta. h. 61.

Syarifudin. Albitar S. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 31-33.

Tung, Khoe Yao. 2005. Pendidikan dan Riset di Internet Jakarta Dinastindo.

Ulfa, Dinia. 2014. Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Dengan Layanan Konseling Individual Berbasis Self-Management Pada Siswa Kelas Xi Di Smk Negeri 1 Pemalang Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi FKIP Bimbigan Konseling. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja. Jakarta.Rajawali Pers.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Muhammad Malik Purnama Purnama

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141