Pengaruh Minat Belajar Terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 1 Waytenong

Miftah Shofiyah Novianti, Nurdin Nurdin, Pujiati Pujiati, Yon Rizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap motivasi belajar siswa siswa di SMA Negeri 1 Waytenong. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif verifikatif dengan jenis pendekatan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif dan signifikan dari minat belajar berpengaruh terhadap motivasi belajar yang ditunjukan dengan nilai thitung>ttabel yaitu 7,124 >1,661 dengan tingkat signifikansi 0,000.

Kata Kunci: Minat Belajar, Motivasi Belajar, Persepsi Siswa.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v3i1.79-86


Full Text:

PDF

References


Afandi, Tjejep Y. 2014. Pengaruh Penerapan Strategi Kognitif Multipurpose Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Hasil Belajar Matakuliah Akuntansi Keuangan Menengah I Pada Mahasiswa PEA FKIP UNP Kediri. Nusantara of Research. Vol. 1 No. 2.

Alam, Y. 2018. Kompetensi Dosen, Motivasi Belajar Mahasiswa dan Dampaknya terhadap Prestasi Mahasiswa dalam Pembelajaran Pengantar Ekonomi (studi pada mahasiswa program studi Manajemen Informatika AMIK Bina Sriwijaya Palembang). Jurnal Manajemen dan Bisnis Sriwijaya. Vol. 16 No. 1.

Asrori. 2020. Psikologi Pendidikan : Pendekatan Multidisipliner. CV. Pena Persada : Banyumas

Cahyanni, Listiana dan Larasati. 2020. Motivasi Belajar Siswa SMA pada Masa Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 3 No. 1

Chomaidi & Salamah. 2018. Pendidikan dan Pengajaran: Strategi Pembelajaran Sekolah. Penerbit Grasindo : Jakarta

Djarwo, C. F. (2020). Analisis faktor internal dan eksternal terhadap motivasi belajar kimia siswa SMA Kota Jayapura. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram. Vol. 7 No. 1.

Emda Amna. 2017. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. Vol. 5 No. 2.

Noho, N., & Arvyaty, F. M. 2016. Pengaruh Motivasi Berprestasi terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri dan SMA Swasta di Kota Kendari. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 7 No. 1.

Nurhasanah & Sobandi.2016. Minat Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran. Vol. 1 No. 1.

Octora, S. E. S., Arestia, N., & Pelealu, D. R. 2021. Analisis Pengaruh Minat Belajar terhadap Motivasi Belajar pada Mahasiswa Prodi Manajemen Perkantoran Universitas Widya Dharma Pontianak. MABIS. Vol.12 No. 2.

Prasetyo, R. A. 2012. Hubungan kesiapan belajar siswa, dan minat belajar siswa tergadap hasil belajar mata pelajaran TIK pada siswa kelas XI SMA di Kabupaten Tulungagung/Rifqi Agung Parsetyo (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Malang).

Rozak, A., Yanzi, H., & Siswanto, E. (2022). Pengaruh Kegiatan Karang Taruna Dalam Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Etika Berbangsa Dan Bernegara Di Desa Sari Bakti Kecamatan Saputih Banyak. Journal of Social Science Education, 3(1), 64-73

Sardiman. 2018. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Depok: PT.Rajagrafindo Persada.

Sari, K. Z., Afandi, T. Y., & Surindra, B. 2021. Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Akuntansi Pada Siswa Kelas X Akuntansi SMK PGRI 3 Kediri. PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran,Vol 6 No 2.

Sati, S., Setiana, D., & Amelia, A. N. 2022. Implementasi Pembelajaran E-Learning Terhadap Minat Belajar Peserta Didik di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Basicedu, 6(1), 51-57.

Slameto. 2015. Belajar dan faktor-faktor yang memengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Solehah, N. N., Saputra, H. H., & Setiwan, H. 2022. Analisis Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN 20 Ampenan pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 229-235.

Suroto, S., Rusman, T., Aswir, E. S., & Prasetyo, E. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Scafolding Dan Artikulasi Terhadap Kecakapan Hidup Dengan Memperhatikan Emotional Question Siswa. Jurnal Perspektif Pendidikan, 13(2), 83-91.

Wijaya, R. A. E. 2021. Pengaruh Boarding School Terhadap Minat Belajar Siswa MI Roudlotul Mubtadiin Balekambang Nalumsari Jepara (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Wijayanti, Y. 2013. Pengaruh Minat Belajar Dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Motivasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Klaten Tahun Ajaran 2012/2013.

Yesy Anggreni, N. L. P. 2021. Pengaruh Pembelajaran Daring Dan Minat Belajar Terhadap Kreativitas Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. Lentera: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 14(2), 151-162.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Miftah Shofiyah Novianti, Nurdin Nurdin, Pujiati Pujiati, Yon Rizal

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141