Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips) Terhadap Keaktifan dan Minat Belajar pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII di SMPN 2 Labuhan Maringgai
Dian Nawang Wulan, Muhammad Basri, Myristica Imanita
Abstract
Proses pembelajaran seseorang guru hendaknya mengetahui latar belakang siswa serta kebutuhan siswa. Penggunaan model pembelajaran yang bervariasi juga dapat meningkatkan keaktifan, dan minat, dalam belajar. Rumusan masalah penelitian ini adalah Apakah ada pengaruhModel Pembelajaran Koopertif Tipe Kancing Gemerincing (Talking Chips)Terhadap Keaktifan Belajar Siswa dan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Labuhan Maringgai Tahun Ajaran 2020/2021. Metode yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan desain Nonequivallent Control Group Design. Teknik pengambilan sampel adalah Purposive Samping. Teknik analisis data menggunakan Uji T dan Uji Regresi Linear. Berdasarkan analisis data yang telah peneliti lakukan dapat ditarik kesimpulan bahwa: Model Pembelajaran Koopertif Tipe Kancing Gemerincing (X) berpengaruh terhadap Keaktifan Belajar (Y1) Siswa Pada Mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Labuhan Maringgai Tahun Ajaran 2020/2021 yang dapat terlihat dari uji hipotesis dengan rumus Paired Sampel T-Test yang menunjukan nilai sig(2- tailed) 0.000 < 0.05. Selain itu terdapat pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing (X), terhadap Minat Belajar siswa (Y2) Pada mata Pelajaran IPS kelas VIII di SMPN 2 Labuhan Maringgai, hasil Uji Regresi Linear Sederhana menunjukan bahwa siswa dapat dilihat dari nilai sig sebesar 0,000 <0,05. Pengaruh Keaktifan Belajar Siswa (Y1) Terhadap Minat belajar siswa (Y2) memiliki pengaruh ketika dilakukan pengujian secara bersamaan hal ini didasarkan atas hasil Uji Regresi Linear Berganda yang menunjukan nilai Signifikan sebesar 0,000 sehingga nilai 0,000 < 0,05 yang artinya H0 Ditolak dan Ha Diterima.
Kata Kunci: Kancing Gemerincing , Keaktifan Belajar, Minat