Analisis Sistem Informasi Pemasaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19

Dyanti Mahrunnisya, Metri Safitri, Fanni Rahmawati, Dian Windriani

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya pembatasan sosial berskala besar karena adanya pandemic Covid-19 yang mengakibatkan dampak yang negatif bukan hanya pada bidang kesehatan saja tetapi dalam bidang sosial dan ekonomi seluruh masyarakat di berbagai negara. Salah satu dampak dari pandemi covid-19 adalah dibidang ekonomi yaitu adalah pelaku bisnis yang kesulitan untuk memasarkan produk mereka, dengan kebijakan PSBB mengharuskan individu untuk tetap dirumah. Tujuan dri penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi pemasaran online yang cukup efektif karena adanya pembatasan sosial dan peraturan pemerintahan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif-deskriptif dengan data sekunder. Data tersebut penulis peroleh dengan metode tinjauan pustaka, suatu metode  penelitian dengan memanfaatkan sumber referensi dari buku, website, dan jurnal baik nasional dan internasional. Hasil dan pembahasan dari penelitian ini adalah penggunaan sisstem informasi dalam memasarkan produk secara online lebih efektif ditengah pandemi karena dapat menhindari kerumunan para pembeli dan juga dapat menerapkan protokol kesehatan.

Kata kunci: pandemi covid-19, pemasaran, sistem informasi.

Doi: https://doi.org/10.23960/JIPS/v2i2.105-109


Full Text:

PDF

References


Fadly, Hawangga Dhiyaul & Sutama. 2020. Membangun Pemasaran Online Dan Digital Branding Ditengah Pandemi Covid-19. Volume 5 Nomor 2

Femi Oktaviani1 dan Diki Rustandi2. 2018. Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness. PRofesi Humas,Volume 3, No. 1

Hardilawati, Wan Laura. 2020. Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Akuntansi & Ekonomika, Vol. 10 No. 1

Hernandhi, Desi Tri. Dkk. 2018. Desain Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website UntukPromosi (Studi Kasus Pada Kedai Ayam Geprak & Sambal Bawang Malang). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 55 No. 1

Ika Fitriyani, Nining Sudiyarti, M. N. F. 2020. Strategi Manajemen Bisnis Pasca Pandemi Covid19. 1(2), 40–48

Khoernnikmah, Iik & Agus Widarko. 2017. Pengaruh Pemasaran Online Terhadap KeputusanPembelian Konsumen. e – Jurnal Riset Manajemenprodi Manajemen Fakultas Ekonomi Unisma Kominfo.go.id/content/detail/26060/terjadi-pergeseran-penggunaan-internet-selama-masa pandemi/0/berita_satker#:~:text=Menurut%20Menteri%20Kominfo%2C%20pihaknya%20melakukan,sekitar%205%25%20sampai%2010%25. Diakses pada tanggal 19 Januari 2021

Marimin, dkk. 2016. Sistem Informasi Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Grasindo

Mia Chitra Dinisari. 2020. E-commerce Dorong Perekonomian Indonesia, selama PandemiCOVID-19. https://ekonomi.bisnis.com/read/2020 0417/12/1228750/e-commerce-dorong-perekonomian-indonesia-selamapandemi-COVID-19- . Diakses 19 Januari 2021

Noni Rahmawati1., Herry Mulyono. 2016. Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Web Pada Toko Billy. Jurnal Manajemen Sistem Informasi Vol 1 No. 2, Desember 2016 ISSN : 2540-8011

Putri, N. A. (2016). Desain Strategi Pemasaran Online Pada Fullus Fashion. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(1), 120–128. Rapitasari, D. 2016. Digital marketing Berbasis Aplikasi Sebagai Strategi Meningkatkan Kepuasaan Pelanggan. Jurnal Cakrawala, 10(2), 107– 112.http://www.cakrawalajour


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Journal of Social Science Education

Address:

Building N FKIP University of Lampung

Jl. Prof. Dr. Soemantri Brojonegoro No.1

Bandar Lampung City 35141