Pengaruh penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa Kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi

Nur Azmi Hanindiya, Herman Budiyono, Rahmawati Rahmawati

Abstract


Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan media gambar berseri terhadap rendahnya kemampuan menulis teks fabel pada siswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengaruh penggunann media media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan di MTs Muhammadiyah Kota Jambi kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian kuantitatif semu atau quasi eksperimen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa adanya perubahan dari hasil menulis siswa setelah diberi perlakuan pada kelas eksperimen. Pada hasil pre-test diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 64,17, sedangkan pada hasil post-test diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 86,67 dan nilai Sig. 0,000. Hal ini menunjukan adanya pengaruh dari penggunaan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa kelas VII MTs Muhammadiyah Kota Jambi. Dari hasil tersebut, disarankan agar pembelajaran menulis teks fabel perlu menggunakan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks fabel pada siswa dan untuk peneliti lanjutan disarankan untuk dapat mengembangkan penggunaan media gambar berseri dengan menerapkan di materi lain yang belum perna dicoba dalam pembelajaran menulis agar dapat mengembangkan dan meningkatkan pengetahuan di bidang pendidikan.

 

Kata kunci: gambar berseri, menulis, teks fabel


Full Text:

PDF

References


Asiati, S., & Alamia, F. (2020). Modul Pembelajaran SMP Terbuka Bahasa Indonesia, Teks Cerita Fabel. Jakarta: Direktorat Sekolah Menengah Pertamah.

Budiyono, H. (2012, Desember). Pembelajaran Keterampilan Menulis Berbasis Proses Menulis dan Teori Pemerolehan Bahasa. Pena, 2(3), 2-13.

Burhan, N. (2017). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Handayani, L., Chamalah, E., & Setiana, L. N. (2018). Keefektifan Model Berpikir Induktif dan Moral Saintifik Pada Pembelajaran Menulis Fabel. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 6(1), 34.

Kristanto, A. (2016). Media Pembelajaran. Surabaya: Bintang Surabaya.

Mengge, T. (2022). Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Lisan Bagi Siswa Kelas II SDU Ende 10. Jurnal Literasi: Pendidikan dan Humaniora, 7(1), 12.

Mutiah, I. (2021). Pengembangan Buku Gambar Berseri untuk meningkatkan Keterampilan Menulis Narasi pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri 106836 Limau Manis. PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat, Vol. 1(No. 3), 221-228.

Nurgiyantoro, B. (2018). Penilaian Otentik dalam Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Pranata, A. K. (2017). Penggunaan Teknik 3-P Untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Berita Berbasis 5W+1H Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Singaraja. Jurnal Pendidikan Indonesia Undiksha.

Pratiwi, E. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Berseri dalam Penulisan Kemampuan Naratif Kelas Sebelas Di Sma PGRI 2 Palembang. Wahana Didaktika, 66-76.

Pratomo, Catur, I., & Herlambang, Y. (2021). Pentingnya Peran Keluarga dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 8(1), 7-15.

Priadana, S., & Sunardi, D. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Tanggerang: Pascal Books.

Rahmawati, I. S., Roekhan, & Nurchasanah. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash bagi Siswa SMP. Jurnal Pendidikan, Vol. 1(No. 7), 1323-1329.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&DI. Bandung: Alfabeta.

Wahyudin, D., & Afnita. (2020). Bahan Ajar Menulis Teks Fabel Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal PAKAR Pendidikan, 18(2), 1-7.

Yulistiani, D., & Indihadi, D. (2020). Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi dengan Menggunakan Media Gambar Berseri. PEDADIDAKTIKA: JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR, 7(3), 228-234.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv24i1.pp329-340

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats