Perubahan bahasa dan motivasi psikologi pengikut akun IG @kakagastro dalam memberikan komentar di instagram

Yoga Irawan, Agung M. Iqbal, Annisa Fitriani

Abstract


 

Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana bentuk perubahan bahasa dan motivasi psikologi pengikut akun IG @kakagastro dalam memberikan komentar pada proses penyembuhan penyakit saluran pencernaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perubahan bahasa, motivasi psikologi, dan keterkaitan keduanya dalam proses berbahasa seseorang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Data diambil dari screenshot komentar akun pengikut Instagram @kakagastro. Hasil penelitian menunjukkan ada sembilan perubahan bahasa yang terjadi, yakni afaresis, apokop, disimilasi, epentesis, netralisasi, onomatope, paragog, sinkop, dan zeroisasi. Adapun motivasi psikologi yang ditemukan berjumlah tiga, yakni kebutuhan keamanan dan keselamatan, kebutuhan sosial, dan kebutuhan penghargaan, sedangkan keterkaitan keduanya menawarkan konsep baru bahwa ada dua fungsi bahasa tambahan, yakni fungsi mengingat dan berpikir, serta fungsi phatis sosial.

 

Kata kunci: instagram, motivasi psikologi, perubahan bahasa


Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. (2009). Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Cetakan Kedua. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dardjowidodo. Soenjono. (2000). ECHA: Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Hesti dkk. (2021). Gejala Bahasa dalam Karangan Argumentasi Siswa Kelas X SMAN 9 Bandarlampung. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 4, No. 1, Hal. 20—28.

http://repositori.kemdikbud.go.id/20235/10/9.%20Makalah%20Leni%20%20Mainora.pdf.

https://Tekno.Kompas.Com/Read/2019/12/23/14020057/Sebanyak-Inikah-Jumlah-Pengguna-Instagram-Di-Indonesia

Keraf, Gorys. 1984. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Keraf, Gorys. 1991. Tata Bahasa Rujukan Bahasa Indonesia untuk Tingkat Pendidikan Menengah. Jakarta: Gramedia.

Khuriaturrosidah, Irvi. (2019). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Uin Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate Thesis, Uin Sunan Ampel Surabaya.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2009). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: UI-Press.

Muslich, Mansur. (2010). Text Book Writing. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Nasution, Chairunnisa. (2020). Motif Penggunaan Akun Instagram @lambenyinyir (Studi Deskriptif Kualitatif Motif Penggunaan Akun Instagram @lambenyinyir dalam Kebutuhan Hiburan pada Mahasiswa Universitas Sumatera Utara). Komunika: Jurnal Ilmu Komunikasi, Vol. 16, No. 1, Hal. 1—10.

Notoatmodjo. Soekidjo. (2009). Pengembangan Sumber Daya Manusia. Cetakan Keempat. Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Pateda, Mansoer. (1990). Aspek-aspek Psikolinguistik. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Nusa Indah.

Rauf. Arfan. (2019). Dampak Psikologi Makian Bahasa Indonesia Ditinjau dari Strata Sosial Masyarakat Bahasa. Jurnal Konfiks, Vol. 6, No. 2, Hal. 26—43.

Robbins, Stephen P. & Timothy A. Judge. (2008). Perilaku Organisasi Edisi ke-12. Jakarta: Salemba Empat.

Satori, Djam’an. (2011). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Tarigan, Henry Guntur. (1986). Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Bandung: Angkasa.

Thomas, Tsoi Wai Chuen and Chong Hoi Wai Clara. (2004). Characteristics of Onomatopeia. LIN1001 Discovering Linguistics.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i2.pp261-282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats