Kesalahan pembentukan kata bahasa Indonesia tulis mahasiswa BIPA

Nurlaksana Eko Rusminto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan pembentukan bahasa Indonesia tulis mahasiswa BIPA di Universitas Lampung. Secara khusus tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) mendeskripsikan bentuk-bentuk kesalahan penggunaan imbuhan (afiksasi) dan pengulangan (reduplikasi), (2) mendeskripsikan kesalahan pembentukan kata berdasarkan taksonomi siasat permukaan, dan (3) mendeskripsikan kesalahan pembentukan kata berdasarkan taksonomi efek komunikatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data adalah mahasiswa BIPA di Universitas Lampung. Data penelitian berupa kesalahan pembentukan kata bahasa Indonesia tulis mahasiswa BIPA dalam kegiatan pembelajaran BIPA di Universitas Lampung. Analisis data dilakukan dengan menggunakan prosedur analisis kesalahan berbahasa berdasarkan taksonomi siasat permukaan dan taksonomi efek komunikatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) kesalahan pembentukan kata bahasa Indonesia tulis mahasiswa BIPA di Universitas Lampung didominasi oleh pembentukan kata dengan menggunakan imbuhan, yakni sebesar 78%, sedangkan 22% sisanya berupa kesalahan penggunaan reduplikasi; (2) berdasarkan taksonomi siasat permukaan ditemukan bahwa kesalahan penambahan sebesar 33%,  kesalahan penghilangan sebesar 39%, dan kesalahan pembentukan sebesar 28%; (3) berdasarkan taksonomi efek komunikatif ditemukan kesalahan lokal sebesar 65% dan kesalahan global sebesar 35%.


Full Text:

PDF

References


Anjarsari, Suwandi, S., & Mulyono, S. (2013). Analisis Kesalahan Pemakaian Bahasa Indonesia dalam Karangan Mahasiswa Penutur Bahasa Asing di Universitas Sebelas Maret. Dalam BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya. No.2, Vol. 1, hlm. 1-13.

Burt, M. K. & Kiparsky. 1978. Global and Lokal Mistakes, Dalam John H. Schumann & Nancy Stenson (Eds.), New Frontiers in Second Language Learning (hlm. 71-80). Rowley, Massachusetts: Newbury House.

Dulay, H. C. & Burt M. K. 1984. You Can’t Learn Without Goofing. Dalam Jack C. Richards (Ed.). Error Analysis, Perspective on Second Language Acquisition (hlm. 95-123). London: Longman.

Gani, Erizal. 2000. Pemberdayaan Pengajaran BIPA”. Dalam Proseding Konferensi Internasional Pengajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing III. Bandung: CV Andira

Jain, M. P. 1984. Error Analysis: Source, Course, and Significance. Dalam Jack C. Richards (Ed.). Error Analysis, Perspective on Second Language Acquisition (hlm. 189-215). London: Longman.

Johan, G.M. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia Dalam Proses Diskusi Siswa Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 18, No. 1, hlm. 136-149.

Kridalaksana, Harimurti. 1989. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia.

Nurwicaksono, B.D. dan Diah Amelia. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia pada Teks Ilmiah Mahasiswa”. Dalam AKSIS Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Vol. 2, No. 2, hlm. 138—153.

Pateda, Mansoer. 1989. Analisis Kesalahan. Ende Flores: Nusa Indah.

Richards, C. Jack. 1984. A Non-Contrastives Approach to Error Analysis. Dalam Jack C. Richards (Ed.). Error Analysis, Perspectives on Second Language Acquistion. (hlm. 172-188). London: Longman.

Rusminto, Nurlaksana Eko, dkk. 2021. “Local Language vs. National Language: The Lampung language Maintenance in the Indonesian Context”. Dalam Kervan – International Journal of Afro-Asiatic Studies, Vol. 25, No.1, hlm. 287—307.

Rusminto, Nurlaksana Eko. 2013. Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing: Sebuah Kajian Multi Kasus di Lampung. Bandar Lampung: Lembaga Penelitian Universitas Lampung.

Samsuri. 1986. Pembentukan Kata Bahasa Indonesia. Malang: Pusat Kajian IKIP Malang.

Syafi’ie, Imam. 1984. Analisis Kesalahan Berbahasa Indonesia dalam Menulis Mahasiswa Tiga IKIP Di Jawa. Disertasi Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana IKIP Malang.

Tarigan, Henri Guntur. 1990. Pembelajaran Analisis Kesalahan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Utami, S. R. (2017). Pembelajaran Aspek Tata Bahasa dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia. Dalam Aksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 2, hlm. 189—203.

Wojowasito, S. 1988. Perkembangan Ilmu Bahasa (Linguistik) Abad 20 Sebagai Dasar Pengajarabn Bahasa (Hidup). Bandung: Shinta Darma.

Zalmansyah, Achril. 2014. Kesalahan Berbahasa dalam Karangan Siswa Kelas VI SD Al-Kautsar Bandar Lampung. Bandar Lampung: Tesis Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Lampung.

Hasanudin, Cahyo. 2017. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Penulisan Media Luar Ruang di Kabupaten Bojonegoro”. Dalam Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, Vol. 17, No. 1, hlm 117-126.

Fatimah, F.N. dkk. 2018. “Analisis Kesalahan Berbahasa pada Tuturan Pembawa Acara dan Bintang Tamu dalam Talk Show Hitam Putih yang Berjudul Fenomena Kanjeng Dimas. Dalam Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 1, No. 5, hlm. 775—786.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Faksara%2Fv23i1.pp148-169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats