Ungkapan metafora pada teks iklan di situs daring sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMP
Abstract
Penelitian ini memiliki tujuan, yaitu (1) Menentukan bentuk metafora dalam teks iklan pada situs daring blibli.com, (2) Mendeskripsikan makna yang terkandung dalam ungkapan metafora pada teks iklan di situs daring blibli.com, dan (3) Menjelaskan pemanfaatan pemakaian ungkapan metafora sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Jenis penelitian ini ialah penelitian kualitatif dan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini ialah wacana teks iklan yang terdapat di situs daring blibli.com. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik simak dan teknik catat. Analisis data menggunakan metode agih dengan jenis teknik Bagi Unsur Langsung (BUL) dan metode padan dengan jenis referensial. Hasil penelitian ini (1) ungkapan metafora dianalisis berdasarkan bentuk, yaitu dikelompokkan ke dalam kelas kata, frasa, klausa, dan kalimat, (2) ungkapan metafora dianalisis berdasarkan makna sesuai bentuk metafora, yaitu metafora antropomorfis, metafora hewan, metafora konkret ke abstrak, dan metafora sinestesia. Kecenderungan metafora yang sering muncul dalam teks iklan di situs daring blibli.com ialah metafora antropomorfis dan metafora konkret ke abstrak, (3) pemanfaatan ungkapan metafora pada teks iklan di situs daring blibli.com sebagai bahan ajar pembelajaran bahasa Indonesia di SMP.
Full Text:
PDFReferences
Akbar, M. R. dan Yunanfathur R. 2016. “Metafora Lakoff dan Johnson dalam Surat Kabar Bild”. Identitaet, V(03), 1-14.
https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/identitaet/article/view/16775
Ardhianti, M. 2019. “Metafora dalam Teks Berita Hoaks di Media Sosial: Studi Semantik Kognitif”. Jurnal Sastra Aksara, 7(2), 82-96.
http://www.jurnal.stkippgri-bkl.ac.id/index.php/aksara/issue/view/3
Arianto, A. K. 2019. “Medan Makna Pembentuk Metafora dalam Syair Arab”. Widyaparwa, 46(2), 112-125.
https://doi.org/10.26499/wdprw.v46i2.197
Chaer, Abdul. 2012. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Haula, B. dan Tajudin N. 2019. “Konseptualisasi Metafora dalam Rubrik Opini Kompas: Kajian Semantik Kognitif”. Retorika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 12(1), 25-35.
https://doi.org/10.26858/retorika.v12i1.7375
Kusmanto, H. 2019. “Konseptualisasi Metafora Wacana Politik: Studi Semantik Kognitif”. Waskita, 3(2), 27-42.
https://doi.org/10.21776/ub.waskita.2019.003.02.3
Kuspriyono, Taat. 2015. “Penggunaan Gaya Bahasa pada Iklan Web PT. L’OREAL Indonesia”. Jurnal Komunikasi, VI(1), 1-9.
https://doi.org/10.31294/jkom.v6i1.2457
Mahajani, Tri., Sri Rahayu Dwiastuti., dan Mukodhas. 2017. “Penggunaan Metafora dalam Lirik Lagu Ebiet G. ade Album Perjalanan dan Implikasinya pada Pembelajaran Semantik Bahasa Indonesia”. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2), 54-61.
https://doi.org/10.33751/pedagog.v1i2.386
Parera, J. D. 2004. Teori Semantik. Jakarta: Erlangga.
Ray, S. A. 2019. “Analisis Jenis-Jenis Metafora dalam Surat Kabar: Kajian Semantik”. Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 3(2), 146-150.
https://jurnal.uisu.ac.id/index.php/Bahastra/article/view/1153
Setiaji, A. B. 2019. “Struktur Metafora dalam Wacana Narasi”. Totobuang, 6(2), 229-244.
http://dx.doi.org/10.26499/ttbng.v6i2.108
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa: Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta Wacana University Press.
Sutedi, Dedi. 2016. Mengenal Linguistik Kognitif. Bandung: Humaniora.
Tustiantina, D. 2016. “Metafora dalam Lembar Opini, Wujud Kongkret Gambaran Perubahan Bahasa”. Jurnal Membaca Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 143-148.
http://dx.doi.org/10.30870/jmbsi.v1i2.2728
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My Stats