Nilai Karakter dan Berbahasa Mahasiswa FKIP Universitas Lampung pada Matakuliah MKU Bahasa Indonesia

Mulyanto Widodo, Bambang Riadi, I Wayan Ardi

Abstract


Pengembangan karakter sangat penting dilakukan oleh perguruan tinggi dan stakeholders-nya untuk menjadi pijakan dalam penyelenggaraan pendidikan karakter di perguruan tinggi. Tumbuh dan berkembangnya karakter yang baik akan mendorong peserta didik tumbuh dengan kapasitas dan komitmen untuk melakukan berbagai hal yang terbaik dan melakukan segalanya dengan benar dan memiliki tujuan hidup. Demikian juga dengan berbahasa, seseorang yang memiliki kemampuan berbahasa yang baik, cenderung akan lebih mudah dalam berkomunikasi dan menyelesaikan pendidikannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai karakter dan berbahasa mahasiswa FKIP Unila yang menempuh mata kuliah MKU Bahasa Indonesia pada semester Genap 2015/2016. Penelitian ini bersifat deskriptif kulitatif dengan jumlah sampel 41 mahasiswa. Data penelitian dikumpulkan melalui angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai karakter dan berbahasa mahasiswa FKIP Unila tergolong lebih baik dengan skor rata-rata 77. Dengan demikian, secara umum mahasiswa FKIP Unila yang sedang mengambil matakuliah MKU Bahasa Indonesia telah menerapkan nilai-nilai karakter dan berbahasa dalam kehidupannya sehari-hari dengan baik, walaupun masih ada karakter beberapa mahasiswa yang masih perlu ditingkatkan.

Kata Kunci: Nilai Karakter, Berbahasa, MKU Bahasa Indonesia


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharimi. 2002. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Draf Grand Design Pendidikan Karakter. Edisi 23 Oktober 2010.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional. 2010. Grand Design Pendidikan Karakter, Arah serta Tahapan dan Prioritas Pendidikan Karakter Bangsa Tahun 2010-2025.

Samani, Muchlas & Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Soedarsono, Soemarsono. 2010. Karakter Mengantar Bangsa: dari Gelap Menuju Terang. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta. Suyanto, Edy. 2011. Membina, Memelihara, dan Menggunakan Bahasa Indonesia Secara Benar. Yogyakarta: Ardana Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




View My Stats