Vlog sebagai Media Edukasi di Era Revolusi Industri 4.0
Abstract
Vlog sebagai media edukasi di era revolusi industri 4.0. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemampuan siswa sebelum dan sesudah menggunakan media vlog, dan untuk mengetahui keefektifan penggunaan media vlog dalam meningkatkan keterampilan menulis karangan naratif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian one-group pretest posttest. Desain penelitian One Grup Pretest-Posttest diukur dengan hasil pretest yang dilakukan sebelum melakukan perlakuan atau treatment, dan juga dengan hasil posttest yang dilakukan saat sesudah diberi treatment. Data yang terkumpul dari hasil tes kemudian dianalisis menggunakan analisis teknis statik program SPSS 16. Dari hasil perhitungan tersebut, diperoleh rata—rata nilai pretest sebesar 49,86, sedangkan rata-rata nilai posttest yang diperoleh adalah sebesar 77,92. Kemudian dilakukan uji signifikansi t-test, hasil yang diperoleh menunjukkan nilai 0,000 <0,05, yang artinya terdapat perbedaan yang signifikan. antara skor pretest dan skor posttest. Pada uji N-Gain, didapatkan hasil rata-rata sebesar 56,79%, yaitu tergolong kategori cukup tinggi. Dengan demikian, hasil dari analisis tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media vlog dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan menulis narasi bahasa Prancis pada siswa kelas XII SMA Negeri 9 Bandar Lampung
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License