Aplikasi rosetta stone dalam pelafalan bahasa Prancis siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandarlampung
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pelafalan bahasa Prancis siswa yang diajar menggunakan media aplikasi Rosetta Stone dalam proses pembelajaran kelas X MIA 3 di SMAN 16 Bandarlampung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi berjumlah 104 siswa dengan sampel 34 siswa di kelas X MIA 3. Instrumen yang digunakan berupa tes soal benar salah (true or false item). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil pretest diketahui rata-rata nilai sebesar 11,135. Hasil posttest diperoleh rata-rata nilai sebesar 95,24. Hasil uji-t dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) ≤ 0,05, yakni 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa media aplikasi Rosetta Stone dapat meningkatkan pelafalan bahasa Prancis siswa. kata kunci : media, aplikasi Rosetta Stone, pelafalan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License