Aplikasi rosetta stone dalam pelafalan bahasa Prancis siswa kelas X di SMA Negeri 16 Bandarlampung

Zusuf Amien, Vicky Bayu Febrianto, Diana Rosita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pelafalan bahasa Prancis siswa yang diajar menggunakan media aplikasi Rosetta Stone dalam proses pembelajaran kelas X MIA 3 di SMAN 16 Bandarlampung. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pre-experimental dengan desain One-Group Pretest-Posttest Design. Populasi berjumlah 104 siswa dengan sampel 34 siswa di kelas X MIA 3. Instrumen yang digunakan berupa tes soal benar salah (true or false item). Teknik analisis data menggunakan uji-t. Dari hasil pretest diketahui rata-rata nilai sebesar 11,135. Hasil posttest diperoleh rata-rata nilai sebesar 95,24. Hasil uji-t dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) ≤ 0,05, yakni 0,000 ≤ 0,05, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian, hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa media aplikasi Rosetta Stone dapat meningkatkan pelafalan bahasa Prancis siswa. kata kunci : media, aplikasi Rosetta Stone, pelafalan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats