PENGGUNAAN BAHASA SLANG PADA FILM INTOUCHABLES DAN IMPLIKASINYA PADA PEMBELAJARAN BAHASA PRANCIS DI SMA

Dion Putra Maulana, Nani Kusrini

Abstract


Le but de cette recherche est de décrire les types, les fonctions et la signification des mots argotiques, et leur implication dans l’apprentissage du français au lycée.La méthode de recherche constitue « descriptive-qualitative » avec la technique de lecture etde notation. La source de donnée dans cette recherche est le film Intouchables. Les données de cette recherche sont des mots argotiques se trouvant dans les discours ou  lesdialoguesdu film.  Les résultats montrent que dans le film Intouchables, il y a 48 discours contenant des mots argotiques qui se divisent en 4 types l’argot, le verlan, les gros mots /les mots grossiers, et l’interjection. Les discours ont les fonctions expressives, référentielles et phatiquesEn se basant sur le sylabus du curriculum d’apprentissage 2013, les résultats de cette recherce peuvent s’appliquer comme matériel intéressant dapprentissage du français en classe XI au K.D 3.1 qui s’agit de demander et de proposer des opinions. En outre, les mots argotique dans cefilm peuvent s’employercomme suplement pedagogie.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis, fungsi dan makna bahasa slang, serta implikasinya pada pembelajaran bahasa Prancis di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah film Intouchables. Data dalam penelitian ini adalah tuturan dan bentuk bahasa slang yang terdapat dalam dialog pada film Intouchables. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik simak dan catat.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 48 tuturan bahasa slang dalam film Intouchables yang tergolong dalam empat jenis yaitu l’argot, le verlan, les gros mots /les mots grossiers, dan interjeksi.hasil penelitian ini dapat diimplikasikan sebagai bahan ajar yang menarik dalam pembelajaran bahasa Prancis di SMA kelas XI pada K.D. 3.1tentang meminta dan memberikan pendapat (demander et proposer des opinion). Sedangkan, penggunaan bahasa slang yang terdapat dalam cuplikan yang disajikan pada siswa dapat digunakan sebagai suplemen pembelajaran.

 

Kata kunci :  bahasa slang, jenis, dan  implikasi


Full Text:

XML PDF

References


Allan, K and K Burridge. (2006). Forbidden word. New York : Cambridge.

Aris.(2015). Study of slang word in “Ride Along” movie. Retrivied from http://etheses.uin-malang.ac.id/

Asri. (2011). Penggunaan bahasa Indonesia ragamgaul di kalanganpelajar diKabupatenKolaka. Kandai: Jurnal Bahasa dan Sastra Edisi Mei 2011. Kantor Bahasa Sulawesi Tenggara.

Certa, P. (2001). Le français d'aujourd'hui: une langue qui bouge. Balland: Jacob-Duvernet.

Chaer, A. (2003).Lingusitik umum. Jakarta: RinekaCipta.

Chaer, A dan Leonie A. (2004).Sosiolinguistik perkenalan awal. Jakarta: Rineka Cipta.

Gleason, H. A. (1961). An introuduction to descriptive linguistics. Oxford: Hult, Rienhart and Winston, Inc.

Handayani, T. (2019).Nilai moral dalam dongeng Bertrand Solet dan Michel Cosem dan implikasinya terhadap pembelajaran.Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Lampung,Vol. 2 No. 1.

Kesuma, Jati Mastoyo Tri. (2007). Pengantar (Metode) Penelitian Bahasa.Yogyakarta: Carasvatibooks.

Kusrini, N. (2019). Learning abbreviation style of French language conversation on Twitter. Jurnal Universitas Lampung

Mardalis.(2003). Metode Penelitian Suatu Pendkatan Proposal. Cet.VI, Jakarta: Bumi Aksara.

Mustari, Muhammad. (2011). Pengantar Metode Penelitian. Yogyakarta: Laksbang.

Nainggolan, MMC. (2019). Tindak tutur direktif para tokoh dalam komik Le Titeuf à la foiel karya Glénat dan implikasinya pada pembelajaran bahasa Prancis di SMA.Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Lampung Vol. 2 No. 1

O’grady, W and Dobrovolsky, M. (1992).An introduction, contemporary liguistic analysis.Toronto: Copp Clark Pitman Ltd.

Prayogi, I. (2007). ‘Slang Malang’. Retrivied from http://digilib.fib.ugm.ac.id/

Sudaryanto.(1990). Menguak fungsi hakikibahasa. Yogyakarta: Duta Wacana Press.

Wardaugh, R. (1986). Introduction to sociolinguistics.New York: Basic Blackwell Ltd.

Zakiyyah, GN. (2020). Register bahasa Prancis bidang kecantikan dalam majalah L6mag. Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis Universitas Lampung, Vol. 2 No.2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

The copyright is reserved to The Jurnal Pendidikan Progresif that is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

View My Stats