PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SEJARAH
Abstract
This research aimed to know the significant effect of Discovery Learning Model toward the result of cognitive learning. The population of this research was all students of grade 10th of SMA Negeri 1 Merapi Timur in even semester of 2014/2015 that consisted of 4 classes. The sample of this research was determined by random sampling technique. This research used one group pretest posttest design. The result of data analysis showed that Discovery Learning Model has significant effect toward the result of cognitif learning and at the significant level is 0,71 with the effect of high interpretation.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh signifikan Model Discovery Learning terhadap hasil belajar kognitif siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Merapi Timur Semester Genap 2014/2015 yang terdiri dari empat kelas. Sampel ditentukan dengan teknik Random Sampling. Penelitian ini menggunakan one group pretest posttest design. Hasil analisis data menunjukkan bahwa Model Discovery Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar kognitif dan taraf pengaruh signifikan sebesar 0,71 dengan interpretasi berpengaruh kuat.
Kata kunci: discovery learning, hasil belajar kognitif, model pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Aman. 2011. Model Evaluasi Pembelajaran Sejarah. Yogjakarta : Ombak
Arikunto, Suharimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan . Jakarta : Bumi Aksara.
Cahyo, Agus N. 2013. Panduan Aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar Teraktual dan Terpopuler. Yogjakarta : Diva Press
Darmawan, D. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogjakarta: Gava Media.
Hamalik, Oemar. 2009. Kurikulum dan Pengajaran. Jakarta: Bumi Aksara.
Hasan, Alwi, dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Departemen Pendidikan
Jihad, A & Haris, A. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta:Multi Press.
Pidarta, Made. 2009. Landasan Kependidikan Stimulus Ilmu Pendidikan Bercorak Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta.
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan. PT Rajo Grafindo
Surakhmad, Winarno. 1982. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Transito
Suryosubroto, B. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka
Winkel, W. S. 1999. Psikologi Pengajaran.Jakarta:Gramedia
Refbacks
- There are currently no refbacks.