PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOLABORATIF TIPE ACC TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS SISWA

Ucep Saifulloh, Wakidi Wakidi, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The aims of this research were to know there is an significant influence or not and the level of significant influence of Collaborative Academy Contstructive Controversy Learning model toward students critical thinking ability in studying history at X 2 class of SMA Negeri 1 Palas Lampung selatan in academic year 2014/2015. The method that was used was quantitative design. According to the data analysis, it could be concluded that there was an significant influence and the level of significant influence of Collaborative Teaching method type of Academy Constructive Controversy was 0.95.

Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Tipe Academy Contstructive ControversyTerhadap Kemampuan Berfikir Kritis.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidakpengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh model Pembelajaran Kolaboratiftipe Academy Constructive Controversy terhadap kemampuan berfikir kritis siswa pada mata Pelajaran Sejarah kelas X 2 SMA Negeri 1 Palas Lampung Selatan tahun ajaran 2014/2015. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain preeksperimen. Berdasarkan analisis data secara kuantitatif dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dan besarnya taraf signifikansi pengaruh model Pembelajaran Kolaboratiftipe Academy Constructive Controversy adalah sebesar 0,95.

Kata Kunci:acc,kemampuan berfikir kritis, model pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek Edisi Revisi V. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Barckley, Elizabert dkk. 2012. CollaborativeLearning Teachnique. Bandung: Nusa Media

Basrowi,Soeyono. 2007. Metode Analisis Data Sosial. Kediri: CV Jenggala Pustaka Utama.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogkarta: Gava media.

Facione, P.A. 1990. The Delphi Report of Chritical Thinking, CA: The California Academc Press. Dalam Http://Assessment.aas.duke.edu/documents/DelphiReport.pdf.(6 Desemeber 2014, 08:00 WIB).

Filsaime, D.K. 2008.Menguak Rahasia Berpikir Krits dan Kreatif. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Gunawan, Adi. 2003. Genius Learning Strategy Petunjuk Praktis untuk Menerapkan Accelarated Learning. Jakarta.Gramedia

Hassoubah, Z.I. 2002. Develoving Creative & Critical Thinking Skills (Cara Berfikir Kreatif dan Kritis). Bandung: Yayasan Nuansa Cendikia

Hosnan, Muhammad. 2014. Pendekatan Scientific dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor : Ghalib Indonesia.

Loranz, D. 2008. Gain Score. Google

Nawawi, Handari. 1991. Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Purwanto. 2013. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Sanjaya, Wina. 2006. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Prenada Media Kencana.

Siregar, Sofyan. 2013. Statistic Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. PT. Bumi Aksara: Jakarta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suprananto. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rajawali Press

Usman, Husaini, Setiady Akbar, Purnomo. 2009. Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.