PENGARUH MODEL JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMAN 1 WAY JEPARA
Abstract
The aim of this research was to know whether there was any significant influence and how much the influence of Jigsaw model toward students critical thinking. The data collecting techniques used were observation, test, documentation, and literature. The method in this research was Quasi Experiment. Based on the first hypothesis testing by using t-test, it was found that tvalue = 18.75 > ttable= 1.701. Based on the second hypothesis by using correlation, it was found that rvalue= 1.00. According to that result, it can be concluded that Jigsaw model gives significant influence toward students critical thinking with the very strong of significant level.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh yang signifikan dan seberapa besarnya taraf signifikansi model Jigsaw terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dokumentasi, dan kepustakaan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimen. Berdasarkan uji hipotesis pertama menggunakan uji signifikansi dengan uji t, diperoleh nilai thitung= 18,75 > ttabel = 1,701. Berdasarkan uji hipotesis kedua menggunakan rumus korelasi yaitu nilai r = 1,00. Dari hasil uji hipotesis tersebut dapat disimpulkan bahwa model Jigsaw berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dengan taraf signifikansi sangat kuat.
Kata kunci: berpikir kritis, model jigsaw, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2005. Metodologi Penelitian Kuantitatif : komunikasi, Ekonomi, Dan Kebijakan Publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Predana Media Group.
Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Depdiknas. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia No.20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Balai Pustaka.
Emzir. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan : Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Facione, Peter A. 1990. The Delphi Report of Chritical Thinking. California: The California Academic Press.
Hamiyah, Nur & Mohammad Jauhar. 2014. Strategi Belajar-Mengajar
di Kelas. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.
Isjoni. 2009. Pembelajaran KooperatifMeningkatkan kecerdasan komunikasi antar peserta didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajara.
Johnson, B. 2009. Contextual Teaching & Learning. Bandung: MLC.
Rusman. 2014. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Rajawali Pers.
Sagala, Syaiful. 2013. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Siregar , Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Slavin, Robert E. 2011. Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jakarta: PT Indeks.
Sudjana. 2005. Metoda Statistik. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yamin, Martinis. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta:Referensi GP Press Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.