PENGARUH MODEL SQ3R TERHADAP KETERAMPILAN SISWA MENYIMPULKAN KELAS X SMA YP UNILA
Abstract
This research is to find if there is a significant effect and how far the significant effect in SQ3R model toward students skill in concluding History material about Islamic Empires in Indonesia for 10th grade YP Unila senior high school the academic year of 2013/2014. The method which was used was pre-esperiment. The population in this research was the entire student in 10th grade ISOS overall 157 persons. Sample was taken by using sampling purposive technique. Based on quantitative analysis data technique concluded there is a significant effect in the use of SQ3R model toward students skill in concluding History material about Islamic Empires in Indonesia for 10th grade YP Unila senior high school the academic year of 2013/2014 with counted result tcount 13.023 > ttable 2.024, probability (sig.) 0.000 < 0,05 and significant level 0.908 with determination level 0.820.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dan sejauhmana pengaruh yang signifikan pada model SQ3R terhadap keterampilan siswa menyimpulkan materi Pelajaran Sejarah tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas X SMA YP Unila tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan adalah metode pra-eksperimen. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas X ISOS yang berjumlah 157 orang. Sampel diambil menggunakan teknik Sampling Purposive. Berdasarkan teknik analisis data kuantitatif disimpulkan ada pengaruh yang signifikan dalam penggunaan model SQ3R terhadap keterampilan siswa menyimpulkan materi Pelajaran Sejarah tentang Kerajaan-kerajaan Islam di Indonesia kelas X SMA YP Unila tahun pelajaran 2013/2014 dengan perolehan thitung 13,023 > ttabel 2,024 probabilitas (sig.) 0,000 < 0,05 dan taraf signifikan 0,908 dengan kadar determinasi 0,820.
Kata kunci: keterampilan menyimpulkan, model, survey-question-read-recite-review
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2011. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Dananjaya, Utomo. 2013. Media Pembelajaran Aktif. Bandung : Nuansa Cendekia.
Darmojo dan Kaligis. 1992. Pendidikan IPA 2. Jakarta : Depdikbud.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Pendidikan Prasekolah, Dasar, dan Menengah Ketentuan Umum. Jakarta : Depdiknas.
Hamalik, Oemar. 2005. Perencanaan Pengajaran Matematika Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.
Margono. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Maskun. 2010. Manusia dan Sejarah. Bandar Lampung : Universitas Lampung.
Nazir. 1988. Metode Penelitian. Jakarta : Ghalia Indonesia.
Ngalimun. 2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Awaja Pressindo.
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta : PT. Bumi Aksara.
Setiyadi Bambang. 2006. Metode Penelitian untuk Pengajaran Bahasa Asing Pendekatan Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Sudijono. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Tarigan Guntur Henry. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Tersedia di http://seputarpengertian.Blogspot.com/2014/03/seputar-pengertian-membaca.html?m=1 (diunduh tanggal 14 Februari 2014, pukul 15.40 WIB).
Refbacks
- There are currently no refbacks.