PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIKULTURAL MATA PELAJARAN SEJARAH DI SMA AL-AZHAR 3

Indah Hakim Purnama Sari, Iskandar Syah, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The purpose of this research is to investigate the application of multicultural learning strategy based on the History Subject in class X at SMA Al - Azhar 3 Bandar Lampung Academic Year 2013/2014 . The method used in this research is descriptive qualitative method with data collecting techniques are observation , documentation and literature while data analysis technique is qualitative data . From the results of this study, it concluded that the adoption of multicultural learning strategy based on the Subject of History consists of five stages: self it-exploration and environmental studies , presentation of the results of exploration , peer group analysis , expert opinion and reflection . Affective student learning outcomes in the first experiment the average is 56 , the average second experiment was 59 and the average third experiment was 64 with a percentage of 71 % to 79 % and 86 %, so there is an increase of 15 % in the low category.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah siswa kelas X di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data adalah observasi, dokumentasi dan kepustakaan sedangkan teknik analisis datanya adalah data kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Penerapan strategi pembelajaran berbasis multikultural pada Mata Pelajaran Sejarah terdiri dari lima tahapan yaitu : study eksplorasi diri dan lingkungan, presentasi hasil eksplorasi, peer group analysis, expert opinion dan refleksi. Hasil belajar siswa ranah afektif pada eksperimen pertama rata-ratanya 56, rata-rata eksperimen kedua adalah 59 dan rata-rata eksperimen ketiga adalah 64 dengan persentase sebesar 71% menjadi 79% dan 86% sehingga ada peningkatan sebesar 15% dengan kategori rendah.

Kata kunci : multikultural, pelajaran sejarah, strategi pembelajaran


Full Text:

PDF

References


Ali, Mohammad. 1992. Strategi Penelitian Pendidikan.Bandung : Angkasa Bandung.

Bahri, Syaiful., Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2012. Proses Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Maskun. 2010. Manusia Dan Sejarah. Bandar Lampung : Universitas Lampung

Mukhtar. 2013. Metode Praktis Penelitian Deskriptif Kualitatif. Jakarta : GP Press Group.

Ngalimun.2013. Strategi Dan Model Pembelajaran. Yogyakarta : Awaja Pressindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Thoha, Chabib. 1991. Teknik Evaluasi Pendidikan. Jakarta : CV. Rajawali.

Uno, Hamzah B. 2012. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Yamin, Marintis. 2013. Model, Metorde, Strategi Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.