PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN GAME WISATA DUNIA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN BELAJAR

Sepka Kurnia Wahyuningsih, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


This research aim to know influence which is signifikan to usage of Game Wisata Dunia to ability of is understanding of student, to know level of signifikansi influence of usage of GWD to study of IPS in class of VII Semester of II SMPN 02 Banjit school year 2013 / 2014. Method which is used in this research is experiment method. Intake of sample in this research use technique of cluster sampling random amount to 35 student. Technique analyse data use linear regresi modestly. Pursuant to data analysis influenced by model of Game Wisata World and counted 80,97% influenced by other factor. and level of signifikansi equal to 0.719. Inferential that model study of Game Wisata Dunia have an effect on by signifikan to result learn and level of signifikansi of influence of usage of model study of strong Game Wisata Dunia to result learn.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan penggunaan Game Wisata Dunia terhadap kemampuan pemahaman belajar siswa, untuk mengetahui taraf signifikasi pengaruh penggunaan GWD terhadap pembelajaran IPS di kelas VII Semester II SMPN 02 Banjit tahun pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling berjumlah 35 siswa. Teknik analisis data menggunakan regresi linier sederhana. Penelitian ini untuk mengetahui taraf signifikansi pengaruh penggunaan GWD terhadap pembelajaran IPS di kelas VII Semester II SMPN 02 Banjit Berdasarkan analisis data dipengaruhi oleh model Game Wisata Dunia dan sebanyak 80,97% dipengaruhi faktor lain. dan taraf signifikansi sebesar 0.719. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Game Wisata Dunia berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar dan taraf signifikansi dari pengaruh penggunaan model pembelajaran Game Wisata Dunia  kuat terhadap hasil belajar.

 

Kata kunci : game wisata dunia, pengaruh, pemahaman belajar

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 1997. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto.. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Azhar. 1993. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Djamanah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Dimyati, dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ifa, riva. 2012. Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flashbooks.

Martinis Yamin. 2008. Prosedur penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhibbin Syah. 2002. Metode Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nana sudjana. 2001. Penelitian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ngalima, M Purwanto. 1990 Model–Model Sikap Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Paulia, pane. 2002. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja.

Rohani. 2004. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor–Faktor yang Mempengaruhinya. Salatiga: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.