PENERAPAN MODEL DRILLS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK) DALAM PEMBELAJARAN IPS

Yuliza Sushanty, Maskun Maskun, Muhammad Basri

Abstract


The objectives of this research were to find out the process of planning, implementing, assessing, and to find out the students’ learning result after using TIK based drills model. This research used descriptive method type activity analysis. The population of this research was all students of the second grade of SMP Negeri 1 Kalirejo academic year 2013/2014 consist of 256 students. Based on the result of the discussion, it could be concluded that the process of planning and implementing of TIK based drills model was no changing from expert theory but only being more developed beside at the process of assessing, there was a form of multiple choices assessment which was suitable to be used in doing the research. After TIK based drills model being applied there was an increase of the average of students’ learning result that was before TIK based drills model being applied reached 67,41 and after that model being applied became 80,16.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan mengetahui hasil belajar siswa setelah diterapkannya model Drills berbasis TIK. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif tipe analisis kegiatan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Kalirejo tahun pelajaran 2013/2014 yang terdiri dari 256 siswa. Berdasarkan hasil pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa proses perencanaan dan pelaksanaan model Drills berbasis TIK tidak terdapat perubahan dari ketetapan ahli hanya lebih dikembangkan sedangkan pada proses evaluasi, terdapat bentuk evaluasi pilihan ganda yang cocok digunakan dalam melakukan penilaian. Setelah diterapkannya model Drills berbasis TIK terdapat peningkatan rata-rata hasil belajar siswa yaitu sebelum diterapkannya model Drills berbasis TIK mencapai 67,41 dan setelah diterapkan model tersebut menjadi 80,16.

Kata kunci : hasil belajar, model drills, pembelajaran berbasis tik


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri dan Asswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta: Jakarta.

Roestiyah N.K. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Rusman. 2012. Belajar dan Pembelajaran berbasis Komputer. Bandung: Alfabeta.

Rusman, Deni Kurniawan. 2011. Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Sitiatava. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Jakarta: Diva Press.

Sudjana Nana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sudjana Nana. 2013. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Suratinah Tirtonegoro. 2001. Anak Super Normal dan Program Pendidikannya. Jakarta: Bina Aksara.

Sugiyono. 2013. Motode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D). Bandung: Alfabeta.

Syaodih Nana. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosda Karya.

Udin S Winataputra. 2007. Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Pusat Penerbit Universitas Terbuka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.