MINAT BELAJAR SEJARAH SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK TALK WRITE
Abstract
The aim of this research was to find out students’ interest of learning history in class XI IPS taught through cooperative learning model type “think talk write” in SMA Swadhipa Natar academic year 2013/2014. This research used descriptive method in which the data collecting technique used observation, questionnaire, documentation, and literature.The result of the research showed that students’ interest in learning history in class IPS taught through cooperative learning model type “think talk write” in SMA Swadhipa Natar academic year 2013/2014 were categorized into average learning interest.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif di mana teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, kuesioner, dokumentasi, dan kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar sejarah siswa kelas XI IPS yang diajar menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think talk write di SMA Swadhipa Natar tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan dalam minat belajar sedang.
Kata kunci : minat belajar siswa, pembelajaran sejarah, think talk write.
Full Text:
PDFReferences
A.M, Sardiman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Djaali. 2008. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Hadjar, Ibnu. 1999. Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif dalam Pendidikan. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Kasmadi dan Nia Siti Sunariah. 2013. Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.
La Iru dan Safiun Arihi, La Ode. 2012. Analisis Penerapan Pendekatan, Metode, Strategi, dan Model-Model Pembelajaran. DIY: Multi Presindo.
Margono, S. 2000. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Puspitasari, Henike. 2011. Penerapan Pembelajaran dengan Pendekatan Discovery sebagai Upaya untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Fisika Siswa (PTK pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2010/2011). Skripsi Lampung: Penerbit Universitas Lampung.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Bina Aksara.
Sudijono, Anas. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Suryobroto, B. 2002. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Refbacks
- There are currently no refbacks.