EFEKTIVITAS MODEL LEARNING CYCLE 5E DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF

Hesty Sapitry, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The problem of the study is whether Cycle 5E Learning Model is effective in improving cognitive ability of student’s knowledge in learning history in class XI IPS SMAN 1 Gunung Sugih. The purpose of this research is to find out wheter Learning Cycle 5E Model is effective in improving cognitive ability of student’s knowledge in learning history in class XI IPS SMAN 1 Gunung Sugih. The research uses a pure experiment method. The population in this study were all class XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih academic year 2013/2014 which consist of 104 students. Samples were taken by using Probability Sampling Technique, so that class XI IPS 1 and XI IPS 2 were chosen as  a sample. From the analysis we can conclude that the model of Learning Cycle 5E is effective for learning history in class XI IPS SMAN 1 Gunung Sugih.

Rumusan masalah penelitian yaitu apakah Model Learning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek pengetahuan siswa pada pembelajaran sejarah siswa kelas XI IPS SMAN 1 Gunung Sugih. Tujuan penelitian, yaitu mengetahui apakah model Learning Cycle 5E efektif dalam meningkatkan kemampuan kognitif aspek pengetahuan Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Gunung Sugih. Penelitian menggunakan metode penelitian eksperimen murni. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Gunung Sugih tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 104 orang. Sampel diambil dengan menggunakan teknik Probability Sampling, sehingga kelas XI IPS1 dan XI IPS2 terpilih sebagai sampel. Teknik analisis data dalam  penelitian adalah teknik analisis data kuantitatif. Dari analisis data dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Learning Cycle 5E efektif  untuk pembelajaran sejarah kelas XI IPS SMAN 1 Gunung Sugih.

 

Kata kunci : efektivitas, kemampuan kognitif, model learning cycle 5e

 


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2003. Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. RinekaCipta.

Daryanto. 2007. Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Fajaroh, F., Dasna, I.W. 2003.Penggunaan Model Pembelajaran Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Kimia Zat Adiktif Dalam Bahan Makanan Pada Siswa Kelas XI SMU Negeri Tumpang Malang Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Vol 11 (2) oktober 2004 UNM Malang.

Putra, I. T.2012.Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Learning Cycle 3E Dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Laju Reaksi Siswa. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: FKIP Unila.

Simanjuntak, Lisnawaty. 1993. Metode Mengajar Matematika I. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana,N. 2005. Metode Statistika Edisi Keenam. Bandung: PT. Tarsito.

Sugiyono.2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukma, Putri. 2011. Efektivitas Pendekatan open ended ditinjau dari kemampuan Pemecahan masalah matematis. Skripsi tidak diterbitkan. Bandar Lampung: Unila.

Suryabrata, Sumadi. 2012. Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajawali Press.

Uno, Hamzah. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.