PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TEKNIK INSIDE OUTSIDE CIRCLE PADA MATA PELAJARAN IPS

Valensy Rachmedita, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The aim of this research was to find out the positive effect of the implementation of cooperative learning model inside outside circle technique in increasing social students’ interest at the first grade of SMP Wiyata Karya Natar in academic year 2013/2014.  This research used experiment method. Based on data analysis, the result of this research shows that there is positive effect of the implementation of cooperative learning model inside outside circle technique in increasing social students’ interest. It can be seen from the percentage of measuring social students’ interest before learning positive category 37.04% and measuring after learning positive category 55.56%. Furthermore, there is an increase of the social students’ interest percentage of 18.52%.

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh positif dari penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle terhadap meningkatknya  minat belajar IPS siswa kelas VII SMP Wiyata Karya Natar tahun pelajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan metode eksperimen.Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yang menunjukan bahwa ada pengaruh  yang positif dari penerapan model pembelajaran cooperative teknik inside outside circle terhadap  meningkatnya minat belajar IPS siswa dilihat dari persentase pengukuran minat belajar siswa sebelum pembelajaran kategori positif 37,04% dan pengukuran sesudah pembelajaran kategori positif 55,56%, sehingga ada peningkatakan persentase minat belajar siswa 18,52 %.

Kata kunci : inside outside circle, minat belajar, model pembelajaran


Full Text:

PDF

References


A.M Sadirman. 1994. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Gravindo.

Daldjoeni, N. 1981. Dasar-Dasar Ilmu Pengetahuan Sosial. Bandung: Penerbit Alumni.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Bahri Syaiful. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasan, Iqbal. 2004. Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbullah.2005. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Gravindo.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperatif Learning: Metode, Teknik, Struktur, dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Margono, S. 2010. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mustaqim, Dkk. 1991. Psikologi Pendidikan. Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Nur, Abu. 2001. Ilmu Pendidikan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Raag, W. 1996. Pengelolaan Kelas. Jakarta: Grasindo.

Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Beriorentasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Siregar, Syofian. 2013. Statistik Pramatik Untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Slameto. 1995. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Subagyo, Joko. 2006. Metode Penelitian Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono . 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Widoyoko, Putro Eko. 2012. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Zainal, Aqib. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual Inovatif). Bandung: Yrama Widya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.