PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TIME TOKEN TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SEJARAH SISWA KELAS X

Siti Marfuatun, Wakidi Wakidi, Syaiful M

Abstract


This study aims to determine the effect of using time token learning model towards the activity of learning history of class X SMAN 1 Seputih Mataram of academic year 2013-2014 . The method in this study is a quasi experimental. The results of the study show that time token learning model may increase the activity of learning history of class X, by the eight students’ activity who have increased with excellent activity categories are: listening, seeing, reading, thinking, writing, working on exercises or assignments, discussing problems and summarize the discussion results.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran time token terhadap peningkatan aktivitas belajar sejarah siswa kelas X SMAN 1 Seputih Mataram tahun pelajaran 2013-2014. Metode dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran time token dapat meningkatkan aktivitas belajar sejarah siswa kelas Xa, dari delapan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dengan kategori aktivitas baik sekali adalah: siswa mendengarkan, melihat, membaca, berpikir, dan mencatat, siswa mengerjakan soal latihan atau tugas-tugas, siswa mendiskusikan masalah dan merangkum hasil pembicaraan.

Kata kunci : aktivitas belajar, pengaruh, time token


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Edisi VI. Jakarta: Bina Aksara.

Aqib, Zainal. 2013. Model-Model Media dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung: Yrama Widya.

Dimyati dan Mujiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Lie, Anita. 2004. Cooperatif Learning. Jakarta: Grafindo.

Mulyatiningsih, Endang. 2012. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Alfabeta.

Sardiman, A. M. 2008. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta:PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian:Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sutjiatiningsih, Sri. 1995. Pengajaran Sejarah. Jakarta: CV Dwi Jaya Karya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.