PENGARUH PENGGUNAAN MODEL TWO STAY TWO STRAY TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS
Abstract
The purpose of this research is to know how far the influence of using Two Stay Two Stray method in order to increase the ability of critical thinking. The sample of this research was students from XI IPS 1 and XI IPS 3. Before analysis data technique, normality test was done by using qued, test of homogeneity and test of data analysis used F anova. Consequently according from the result of this research it can be concluded that Two Stay Two Stray method has influenced to increase the ability of critical thinking of students history with this result F account 24,158> F tabel 3,98. It’s significant rank from, that is known by r = 0,512.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimanakah pengaruh dan sejauh mana pengaruh penggunaan model Two Stay Two Stray terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan XI IPS. Sebelum teknik analisis data dilakukan uji normalitas menggunakan chi kuadrat, uji homogenitas, dan uji analisis data menggunakan uji F anova. Hasil Penelitian diperoleh hasil bahwa ada pengaruh pengunaan model Two Stay Two Stray (TSTS) terhadap kemampuan berpikir kritis sejarah siswa dengan hasil yang diperoleh Fhitung 24,158 > Ftabel 3,98. Tingkat signifikan signifikan cukup diiketahui r = 0,512.
Kata kunci : kemampuan berpikir kritis, model two stay two stray, pembelajaran sejarah
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2008 . Proses Belajar Mengajar. Jakarta. Bumi Aksara.
Lie, A. 2002. Cooperatif Learning. Penerbit PT Gramedia Widiasarana Indonesia. Jakarta.
Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.
Siregar, Syofian. 2013. Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta. PT. Bumi Aksara.
Sugiyono. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Bandung: Alfabeta,cv.
Sutrisno Hadi. 2001. Metodologi Research. Yogjakarta. Universitas Gajah Mada.
Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta. Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.