PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING (TAPPS) PADA PEMBELAJARAN SEJARAH

Redi Almuzaki, Iskandar Syah, Suparman Arif

Abstract


This study aims to determine the effect of Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning model towards learning outcomes in teaching history. The research applied eksperimental method; the data collection technique  was done through test, observation, documentation, and literary reviews. The researcher used quantitative data as data analysis techniques. Based on the results it showed that the value of Farithmetic (6,135) > Ftable (0.05;1;65) that is 3,988. Therefore it can be concluded  that the Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) learning model effected the teaching of history at class X of SMA Negeri 13 Bandar Lampung.

 

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui  pengaruh penggunaan model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah. Metode yang digunakan dalam  penelitian ini adalah metode eksperimen dengan teknik pengumpulan data melalui teknik tes, observasi, dokumentasi, dan kepustakaan. Teknik analisis yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan hasil hitung uji statistik diperoleh bahwa nilai Fhitung (6,135) > Ftabel (0,05;1;65) yaitu 3,988. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving (TAPPS) berpengaruh pada pembelajaran sejarah kelas X SMA Negeri 13 Bandar Lampung.

 

Kata kunci : hasil belajar, model pembelajaran thinking aloud pair problem solving, pembelajaran sejarah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

B. Suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1986. Metodologi Research. Yogyakarta: Universitas Gajah Mada.

Hanuri, Nurhadi. 2011. Model pembelajaran cooperative Thinking Aloud Pair Problem Solving. Tersedia dihttp://www.psb-sma.org (pusat sumber belajar).(diunduh pada tanggal 30 Januari 2013, pukul 20:34).

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah Pada Satuan Pendidikan.Bandung: Alfabeta.

Mardalis. 2009. Metode Penelitian, Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.

Oemar Hamalik. 2005. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Roestiyah. 1986. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Rustam, E. Tamburaka. 2002. PengantarIlmu Sejarah, Teori Filsafat Sejarah, Sejarah Filsafat dan IPTEK. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sardiman, A.M. 1990. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Pedoman Bagi Guru dan Calon Guru. Jakarta: Grafindo Persada.

Subhani, Armin. 2011. Pengertian ThinkingAloud Pair Problem Solving, Keuntungan & Karakteristik. Tersedia di www.stkipselong.blogspot.com (diunduh pada tanggal 30 Januari 2013, pukul 20:08).

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, Sumadi. 2012. MetodologiPenelitian. Jakarta: Rajawali Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.