Implementasi Technological Pedogogical and Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023

Rizky Wahyudi, Maskun Maskun, Sumargono Sumargono

Abstract


Implementasi Technological Pedogogical and Content Knowledge (TPACK) Dalam Pembelajaran Sejarah Di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah Tahun Ajaran 2022/2023. Abad 21 merupakan era kemajuan teknologi pada abad ini teknologi berperan penting dalam kehidupan manusia dari berbagai aspek tidak terkecuali dalam dunia pendidikan. Pada pembelajaran abad 21 ini guru dituntut untuk memadukan teknologi dalam kegiatan pembelajaran. TPACK yaitu kepanjangan dari Technological Pedagogical and Content Knowledge merupakan pemahaman baru yang telah menjadi kerangka kerja yang dapat digunakan untuk menganalisis pengetahuan pendidik tentang pemanfaatan teknologi dalam pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi TPACK dalam pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah. Proses pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan (1) implementasi TPACK pada pembelajaran sejarah di SMAN 1 Tulang Bawang Tengah dapat dikategorikan baik dengan hasil pada implementasi TPACK dalam penyusunan perencanaan pembelajaran (RPP) dikategorikan sangat baik dengan skor rata-rata setiap komponen sebesar 12,60. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil bahwa didalam RPP guru sudah mengimplementasikan setiap komponen TPACK sedangkan pada proses Pembelajaran dikategorikan baik dengan skor rata-rata setiap komponen sebesar 10. Berdasarkan proses penelitian didapatkan hasil bahwa masih terdapat beberapa komponen TPACK yang belum terimplementasikan dengan baik dalam pembelajaran dikelas. (2) kendala yang dialami guru dalam mengimplementasikan TPACK pada proses pembelajaran antara lain kuota internet siswa terbatas, jaringan internet yang kurang memadai, terbatasnya fasilitas pendukung dan kurangnya kesadaran pada peserta didik, serta kemampuan guru menguasai TIK.

Kata Kunci : Pembelajaran Sejarah, Implementasi, TPACK


Full Text:

PDF

References


Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Sebagai Wujud Inovasi Sumber Belajar di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar. 1(2a).

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya Asmuni. IkanJurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288.

Batubara, D. S. (2017). Kompetensi Teknologi Informasi dan Komunikasi Guru SD/MI. MUALLIMUNA: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 48–65.

Daryanto & Karim, S. (2017). Pembelajaran Abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Doering, A., Velestianos, G., Scharber, C., and Miller, C. (2009). Using Technological,

Pedagogical, and Content Knowledge Framework to Design Online Learning Enviroments and Professional Development. Journal Educational Computing Research.

Eggen, P., & Kauchak, D. (2007). Educational Psychology Windows on Classroom 7th ed.New Jersey: Pearson Education, Inc.

Fadholi,T., & Waluya, B. (2015). Analisis Pembelajaran Matematika Dan Kemampuan Literasi Serta Karakter Siswa Smk. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 4(1),42–48.

Ilomo, O., & Mlavi, B. (2018). The Availiability of Theaching and Learning Facilities and Their Effects on Academic Performance in Wrd Secondary Schools in Muheza- Tanzania. International Journal of Contemporary Applied Research, 5(12).

Koehler, M. J., & Mishra, P. (2009). What is technological pedagogical content knowledge? Contemporary Issues in Technology and Teacher Education (CITE Journal). Vol 9(1).

Lusita, Afrisanti. 2011. Buku Pintar Menjadi Guru Kreatif, Inspiratif dan Inovatif. Yogyakarta: Araska.

Moleong, Lexy. J. (2016). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Pradana,S,P.(2017).Analisis Kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK) Guru IPA Kelas IX SMP Muhammadiyah SeKota Surakarta berdasarkan Rencana Pembelajaran (RPP) Skripsi : Universitas Muhammadiyah Sukarta.

Rahmadi, I. F. (2019). Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK): Kerangka Pengetahuan Guru Abad 21. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1).

Ramli, A., Rahmatullah, R., Inanna, I., & Dangnga, T. (2019). Peran media dalam meningkatkan efektivitas belajar. Prosiding Seminar Nasional Lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat. 5–7.

Sintawati, M, Indriani,F.(2019).Pentingnya Technological Pedagogical content Knowledge (TPACK) Guru di Era Revolusi 4.0. Disajikan Dalam Seminar Nasional Pagelaran Pendidikan Dasar Nasional (Ppdn) 2019.Universitas Ahmad Dahlan.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosadakarya.

Sutrisno. (2011). Pengantar Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada.

Suyamto, J., Masykuri, M., & Sarwanto. (2020). Analisis Kemampuan TPACK (Technological Pedagogical and Content Knowledge) Guru Biologi SMA dalam Menyusun Perangkat Pembelajaran Materi Sistem Peredaran Darah. Jurnal Universitas Sebelas Maret Surakarta. 9(1).

Yusuf, I., Widyaningsih, S. W., & Purwanti, D. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Modern Berbasis Media Laboratorium Virtual Berdasarkan Paradigma Pembelajaran Abad 21 dan Kurikulum 2013. Pancaran, 4(2).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.