PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP HASIL BELAJAR SEJARAH DENGAN MEMPERHATIKAN KESIAPAN BELAJAR PADA SISWA KELAS XI IIS 2 DI MAN 1 BANDAR LAMPUNG TAHUN AJARAN 2022/2023

Alfi Rahmatia Putri, Maskun Maskun, Sumargono Surmagono

Abstract


Tercapainya suatu tujuan pembelajaran dapat dilihat dari hasil belajar yang diperoleh siswa. Hasil belajar dapat dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Dalam faktor internal termasuk didalamnya kesiapan belajar siswa, sedangkan pada faktor eksternal termasuk didalamnya model pembelajaran. Sehingga agar hasil belajar siswa dapat memperoleh hasil baik, guru perlu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan memperhatikan kesiapan belajar siswanya. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model pembelajaran flipped classroom. Rumusan masalah penelitian ini yaitu, 1) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap kesiapan belajar? 2) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar sejarah? 3) apakah ada pengaruh kesiapan belajar terhadap hasil belajar sejarah? 4) apakah ada pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom dan kesiapan belajar secara simultan terhadap hasil belajar sejarah?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen, dengan penentuan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis jalur (path analysis). Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap kesiapan belajar ditunjukkan dengan nilai (Sig.) 0,009 < 0,05. 2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom terhadap hasil belajar sejarah ditunjukkan dengan nilai (Sig.) 0,006 < 0,05. 3) terdapat pengaruh kesiapan belajar dengan hasil belajar sejarah ditunjukkan dengan nilai (Sig.) 0,043 < 0,05. 4) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran flipped classroom dan kesiapan belajar secara simultan terhadap hasil belajar sejarah dengan nilai (Sig.) 0,032 < 0,05. Sehingga, penerapan model pembelajaran flipped classroom memiliki pengaruh terhadap hasil belajar sejarah melalui kesiapan belajar siswa. Penerapan model pembelajaran flipped classroom dengan ditunjang oleh kesiapan belajar siswa yang baik, dapat membuat hasil belajar sejarah siswa menjadi lebih optimal. 

Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom, Kesiapan Belajar, Hasil Belajar.


Full Text:

PDF

References


Ceylaner, S. G., & Karakus, F. (2018). Effects of the Flipped Classroom Model on Students’ Self-Directed Learning Readiness and Attitudes Towards the English Course. English Language Teaching, 11(9), 1–21.

Hasan, S. H. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia: Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press.

Hwang, G. J., Lai, C. L., & Wang, S. Y. (2015). Seamless Flipped Learning: a Mobile Technology-Enhanced Flipped Classroom with Effective Learning Strategies. Journal of Computers in Education, 2(4), 449–473.

Khumairah, R., Sundaryono, A., & Handayani, D. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Pada Materi Larutan Penyangga di SMAN 5 Kota Bengkulu. ALOTROP:Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kimia, 4(2), 92–97.

Pratiwi, A., Sahputra, R., & Hadi, L. (2017). Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence dan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(11), 1–13.

Sinta B, V. (2017). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X di SMA Bina Jaya Palembang. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 11–20.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Solvia, G. (2018). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Pemrograman Dasar di SMK Muhammadiyah Bukittinggi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, IAIN Bukittinggi. Bukittinggi.

Strelan, P., Osborn, A., & Palmer, E. (2020). The Flipped Classroom: a Meta-Analysis of Effects on Student Performance Across Disciplines and Education Levels. Educational Research Review, 30, 1–22.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sukino, P., Bohari, & Jannah, M. (2017). Pembelajaran Sejarah di Kelas XI Madrasah Aliyah Assalam Pontianak. Sosial Horizon: Jurnal Pendidikan Sosial, 4(1), 47–59.

Sukma P, F. F., Chamdani, M., & Susiani, T. S. (2021). Pengaruh Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV DI SDN Se-Kecamatan Puring. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(3), 798–803.

Walidah, Z., Wijayanti, R., & Affaf, M. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom (FC) terhadap Hasil Belajar. Edumatica, 10(2), 71–77.

Widiarti, E. (2018). Pengaruh Motivasi dan Kesiapan Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X DI SMA N 2 Banguntapan. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 7(4), 298–305.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.