Eksistensi Tari Pagar Pengantin Pada Adat Masyarakat Palembang di Desa Suka Jaya Kabupaten Oku Selatan

Mira Delviana, Risma Margaretha Sinaga, Marzius Insani

Abstract


Eksistensi Tari Pagar Pengantin Pada Adat Masyarakat Palembang di Desa Suka Jaya Kabupaten Oku Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan eksistensi tari pagar pengantin di desa Sukajaya kabupaten OKU Selatan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik utama pengumpulan data menggunakan Observasi, Dokumentasi, Kepustakaan dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif untuk memperoleh data yang bersifat menerangkan dalam bentuk uraian. Hasil penelitian mengenai Tari pagar pengantin masih eksis dimasyarakat tetapi cara penyajian dan pelaksanaannya sudah berbeda, hal tersebut dapat dilihat dari sejarah, fungsi dan bentuk penyajiannya. Adanya pergeseran fungsi dan makna dalam tari pagar pengantin masa kini maka munculnya kebudayaan yang modern dan praktis, sehingga masyarakat sekarang memilih hiburan dalam acara pernikahan yang bersifat modern dan praktis masyarakat yang dahulu menggunakan tari pagar pengantin disetiap acara pernikahan kini intesitas pertunjukan sudah menurun dan hanya orang-orang tertentu yang ingin menggunakan tari pagar pengantin yaitu masyarakat yang mempunyai ekonomi yang tinggi. Eksistensi tari pagar pengantin yaitu dahulu tari pagar pengantin diwajibkan dalam acara pernikahan di kabupaten OKU Selatan dan dianggap sakral karena tari pagar pengantin menyimbolkan kesucian sang pengantin perempuan.

 

Kata Kunci: Eksistensi, Tari Pagar Pengantin


Full Text:

PDF

References


Aprizal Damri.2017. Tari Pagar Pengantin Pada Upacar Pernikahan Di Kota Palembang. Jurnal Pengetahuan Dan Penciptaan Tari. Vol. 16, No. 2.

Koentjaraningrat. 1981. Kebudayaan Mentalitas Dan Pembangunan. Jakarta: Gramedia.

Maryaeni. 2004. Metode penelitian kebudayaan. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabet

Wawancara dengan bapak Orpen Mahaldi: Senin 21 September 2020, Pukul 14.35, Dinas Pariwisata Dan Kebudayaan OKU Selatan.

Wawancara dengan bapak Ismail Chandra: Rabu, 23 September 2020, Pukul 15.18, Tokoh adat.

Wawancara dengan Ayu Saputri: Kamis, 12 November 2020, Pukul 12.36, Penari Tari Tradisional.

Wawancara dengan Sri Ariani: Rabu, 23 September 2020, Pukul 10.36, Warga Desa


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.