EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KELAS XI IPS 1 DI SMA NEGERI 1 PURBOLINGGO TAHUN AJARAN 2020/2021

Resti Apriana, Maskun Maskun, Nur Indah Lestari

Abstract


Efektivitas Penggunaan WhatsApp Dalam Pembelajaran Sejarah Pada Kelas IPS 1 Di SMA Negeri 1 Purbolinggo Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini dilatar belakangi penggunaan whatsApp grup dalam pembelajaran sejarah pada kelas XI IPS 1 di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkat pemahaman siswa terhadap materi sejarah yang disampaikan melalui whatsApp grup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan analisis data deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 dan guru sejarah di SMA Negeri 1 Purbolinggo. Hasil Penelitian bahwa tingkat pemahaman siswa terhadap materi sejarah berdasarkan perhitungan menggunakan rumus presentase diperoleh hasil 44% dalam kategori rendah. Berdasarkan  hasil perhitungan menunjukan bahwa penggunaan whatsApp grup dalam pembelajaran sejarah tidak efektiv.

 

Kata Kunci : WhatsApp Grup, Pembelajaran Sejarah


Full Text:

PDF

References


Asnawir, B. U. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Press.

Church, K & de Oliveira, R. (2013, August). What's up with whatsapp?: comparing mobile instant messaging behaviors with traditional SMS. In Proceedings of the 15th international conference on Human-computer interaction with mobile devices and services (pp. 352-361).

Darmadi, Hamid. 2013. Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Gunawan, Ade. 2003. Analisis Consumer Decision Model untuk Pengukuran Efektivitas Periklanan. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis. Vol 3, No 1.

Hidayat, I. W. (2020). Dilema Belajar Online bagi Anak-anak Sekolah: Jurnal Pendidikan Matematika Rafelesia, 5(3), 3.

Kelana, N. S. (2020). Manfaatkan IT, Guru Berkreasi Dalam Pembelajaran Daring Siedoo.

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Bentang Budaya.

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Penerbit Buku UPP AMP.

Oknisih, N & Suyoto, S. 2019. Penggunaan Aplen (Aplikasi Online) Sebagai Upaya Kemandirian Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 1, No. 01).

Prajana, Andika. 2017 Pemanfaatan Aplikasi WhatsApp dalam Media Pembelajaran. di UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Cyberspace. 2 (2).122-133.

Banda Aceh. Cyberspace. 2 (2).122-133.

Sagala, Syaiful. 2006. Konsep dan makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Supriyono, 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Semarang: Universitas Diponegoro.

Syarif, Mohamad. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Yoto dan Rahman.2001. Kemampuan Dasar Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.