Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19

Valensy Rachmedita

Abstract


Pandemi covid 19 melanda hampir seluruh negara didunia tidak terkecuali Indonesia.  Pandemi covid 19 memberikan dampak yang cukup besar bagi kehidupan kita terutama dalam bidang ekonomi dan pendidikan. Pada bidang pendidikan mengharuskan merubah bentuk kegiatan pembelajaran yang biasanya dilakukan dengan tatap muka namun sekarang harus dilaksanakan secara daring. Hal ini membuat pendidik dan peserta didik harus siap mengikuti perubahan tersebut. Adapun tujuan dari penelitian ini  untuk mengetahui persepsi mahasiswa Program Studi Pendidikan Sejarah terhadap pembelajaran daring. Sedangkan Jenis Penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber primer didapatkan dari kuesioner yang diberikan kepada mahasiswa pendidikan sejarah. Berdasarkan hasil penelitian bahwa mahasiswa program Studi Pendidikan Sejarah memiliki persepsi  yang positif terhadap pembelajaran daring. Hal itu dapat dilihat dari kepuasan mahasiswa mengikuti pembelajaran daring sebesar 82,1% mahasiswa merasa cukup puas terhadap pembelajaran daring, pemahaman materi yang disampaikan dosen pada saat pembelajaran daring sebesar 94,6% mahasiswa merasa cukup paham materi yang disampaikan oleh dosen, jika dilihat dari pemberian tugas oleh dosen sebesar 94,6 % mahasiswa dapat mengerjakan tugas dengan baik, serta penguasaan teknologi pada saat pembelajaran daring sebesar 78,6%. Namun masih terdapat hambatan yang dirasakan mahasiswa, yakni buruknya sinyal internet sehingga mahasiswa terkadang kesulitan dalam mengikuti perkuliahan.

 

Kata Kunci : Persepsi, Pembelajaran Daring, Covid 19


Full Text:

PDF

References


Aas Aliana, dkk. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial ISSN : 1411-5344 Vol 21 Nomor 2 September 2020

Acep Roni, Dkk. 2020. Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar di Kabupaten Subang. ISSN CetAK : 2477-5673, ISNN Online: 2614-722X Volume VI Nomor 01, Ju ni 2020.

Bosari. 2013. Pemanfaatan Social Learning Netword” Edmodo” Dalam Membantu Perkuliahan teori Bodi Otomotif di Prodi PTM JPTK FKIP UNS, Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik dan Kejuruan 6(2), DOI. 10. 20961/jiptek.v6i2.12562

Brown. Mary Daniels. 2000. Education World: Technology in the Classroom: Virtual High Schools, Part 1, The Voices of Experience, http://www.educationworld.com/a_tech/tech052.shtml.

Ericha Windhiyana Pratiwi. Dampak Covid-19 terhadap Kegiatan Pembelajaran

Online di Sebuah Perguruan Tinggi Kristen di Indonesia. Perspektif Ilmu Pendidikan Vol.34 No. 1 April tahun 2020 hlm. 1-8. [Online]. Available.http://doi.org/10.21009/PIP.341.1

Geovanne, F. Dkk.2021. Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring pada SMK dengan Metode Asynchronous dan Synchronous. Jurnal Ilmu Pendidikan Vol. 3 No. 4 Tahun 2021. P-ISSN 2656-8063, e-ISSN 2656-8071

Gikas, & Grant. Mobile Computing Devices In Higher Education. Student Prespectives On Learning With Cellphones, Smartphones, & Social Media. Internet and Higher Education( Online). Available: https://doi.org/10.1016/j.iheduc.2013.06.002

Hartono. 2016. Penggunaan E-Learning Sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 10 NO 1 Hal. 1-18. Online

Jagat, A., Dkk. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid 19 Bagi Mahasiswa Universitas PGRI Yogyakarta. Jurnal Basicedu Volume 5 Nomor 1 Tahun 2021 Halaman 367-375

Kemebdikbud. 2020. Dampak Covid 19 Bagi Pendidikan. Jakarta: Kemendikbud.

Lukman, Hadi. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Zarah, Vo. 8 No. 2 Tahun 2020, Halaman 56-61.

Maulana, H. A. 2021. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring di Pendidikan Tinggi Vokasi: Studi Perbandingan Antara Penggunaan Google Classroom dan Zoom Meeting. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (1), 188-195. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3il.259

Mumuh, M., Dkk. 2020. Persepsi Mahasiswa Atas Penggunaan Aplikasi Perkuliahan Daring Saat Wabah Covid 19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa IBI Kesatuan). Jurnal Analisis Sistem Pendidikan Tinggi, Vol. 4 No. 1 Tahun 2020. ISSN: 2580-5339. eISSN:2620-5718.

Mustakim. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online Selama Pandemi Covid 19 Pada Mata Pelajaran Matematika. Al Asma : Jurnal of Islamic education Vol. 2 No. 1 May 2020

Mustofa, M. I.; Chodzirin, M. &Sayekti, L. (2019). Formulasi Model Perkuliahan Daring Sebagai Upaya Menekan Disparitas Kualitas Perguruan Tinggi ( Studi Terhadap Website pditt.belajar.kemdikbud.go.id). WJIT: Walisongo Journal of Information Technology , 1 (2), 151-160.doi: 10.21580/wjit.2019.1.2.4067

Nabila, H., Dkk. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis dan Kajian Strategi Manajemen Vol. 4 No. 1 Tahun 2020.

Nugroho. Profesionalisme Guru SD Se-Kecamatan Warungasem Kabupaten Batang. Suatu Tinjauan Aspek Persepsi Guru Tentang Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Motivasi Berprestasi Guru. Varidika. 2012. 135-146.

ODLQC,2001. Newsletter of open and Distance Learning Quality Council. (http://www.odiqc.org.uk/odiqc/n19-e-html.

Ordekoria, dkk. 2020. Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Daring Selama Pandemi Covid 19.Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidika dan Pembelajaran. Vol. 7 No. 3 Tahun 2020. E-ISSN:2714-8483, P-ISSN:2355-1003

Owusu-Fordour, C., Koomson, C.K., & Hanson, D. 2020. The Impact Of Covid-19 on Learning –the perspective of the Ghanaian student. European Journal of Educational Studies. Https://doi.org/10.5281/zenodo.3753586

Riskey, O., Dkk. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan, Vol.20 No. 2 Tahun 2020. e-ISSN: 2614-0578, p-IISN:1412-5889

Sadiki, A.,&Hamidah, A. 2020. Pembelajaran Daring di tengah Wabah Covid 19. B10DIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2).

Schunk. 2012. Learning Theories: an Educational Perspective. Baston, Pearson.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R7D. Bandung : Alfabeta

Sutanta, E. 2009. Konsep dan Implementasi E-Learning. Konsep dan Implementasi E-Learning. Yogyakarta : IST Akprind, 10-12.

Thresia, dkk. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Pada Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Semantika, Vol 2. No. 1 Agustus 2020, P. 11-20

Zaenal Khayat. 2021. Efektivitas Pembelajaran Daring di MTS Negeri 2 Purbalingga Tahun Pelajaran 2020/2021. EDUTECH: Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi. Vol 1 No. 1 Mei 2021. e-ISSN:2797-0140. p-ISSN: 2797-0590


Refbacks

  • There are currently no refbacks.