GAYA BELAJAR SISWA SMAN 01 WAY SERDANG PADA MATA PELAJARAN SEJARAH

Nadia Maharani, Muhammad Basri, Nur Indah Lestari

Abstract


Gaya Belajar Siswa Sman 01 Way Serdang Pada Mata Pelajaran Sejarah Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gaya belajar siswa SMAN 01 Way Serdang pada mata pelajaran Sejarah. Adapun yang menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini adalah gaya belajar siswa dengan indikatornya gaya belajar visual, gaya belajar auditorial, dan gaya belajar kinestetik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kasus deskriptif, informan yang dijadikan objek penelitian adalah siswa kelas XI IPS SMAN 01 Way Serdang. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dengan merujuk pada teori Milles dan Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan atau penarikan. Setelah dilakukan observasi selama empat kali pertemuan ditemukan hasil bahwa. Hal ini diperkuat dengan data wawancara siswa yang menunjukkan bahwa dari total siswa kelas XI IPS.

 

Kata Kunci : gaya belajar, visual, auditori, kinestetik


Full Text:

PDF

References


Agung, A. A. Gede. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. 2010. Singaraja: FIP Undiksha.

Arikunto, Suharsimi, dkk. 2012. Penelitian Tindakan Kelas. Cetakan ke-11. Jakarta: PT Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pende-katan Praktek. Jakarta : PT. Rineka Cipta, 2002, Cet.XII).

Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. 2011. Quantum Learning: Unleashing the Genius in You, terj. Alwiyah Abdur-rahman. Bandung: Kaifa.

Bungin, Burhan. 2003. Analisa Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Dalyono, M. 2010. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Danim, Sudarwan. 2002. Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.

Daryanto, dan Mulyo Rahardjo. 2012. Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004. Pedoman Khusus Pengembangan Silabus dan Penilaian Mata Pelajaran Sejarah. Ensiklopedi Nasional Indonesia jilid 6. 1989. Jakarta : PT. Cipta Adi Pustaka.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon dan Sarah Singer-Nourie . 2005. Quantum Teaching (Edisi terjemahan oleh Ary Nilandari). Bandung : Kaifa PT Mizan Pustaka

Eriyanto. 2015. Analisis Isi: Pengantar Metodologi Untuk Penelitian Ilmu Komunikasi dan Ilmu-Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenadamedia Group.

Isjoni. 2007. Pembelajaran Sejarah pada Satuan Pendidikan. Bandung : Alfabeta.

Kochar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah. Jakarta : Grasindo

Kriyantono, Rachmat. 2009. Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.

Lodang, H dan Palennari, M. 2017. Gaya Belajar Mahasiswa Jurusan Biologi MIPA UNM. Universitas Negeri Makassar.

M.N. Ghufron dan Rini Risnawati, 2012. Gaya Belajar; Kajian Teoritik. Jogyakarta :Pustaka Pelajar.

Margono,S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Miles Mattew B dan Michael Hoberman. 2014. Analisis Data Kualitatif. Jakatra: Universitas Indonesia Press

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Nasution, 2013. Berbagai Pende- katan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Rahardjo, Susilo & Gudnanto. 2011. Pemahaman Individu Teknik Non Tes. Kudus: Nora Media Enterprise

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Simanjuntak, B. A. 2009. Strategi Dominasi dan Keutuhan Negara Bangsa yang Pluralistik.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi-nya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Suja’I. 2008. Inovasi Pembelajaran Bahasa. Semarang: Walisongo Press.

Susanto, H. 2014. Seputar Pembelajaran Sejarah, Isu, Gagasan dan Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Uno, H. 2008. Orientasi Baru Dalam Psikologi Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Zaini, A. H. F. 2013. Pilar-pilar Pendidikan Karakter Islami. Bandung: Gunung Djati Press.

Jurnal

Cannon, J. P. Perreault, W. D dan McCarthy. E. J. 2006. Pendekatan Manajerial

Global (16 th Edition ed.,Vol. II). (D. Angelica, & R. Cahyani, penerj). Jakarta: Salemba Empat.

Marpaung, J. 2015. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa. KOPASTA: Journal of the Counseling Guidance Study Program, 2(2).

Sari, A.K. 2014. Analisis Karakteristik Gaya Belajar VAK (Visual, Auditorial, Kinestetik) Mahasiswa Pendi- dikan Informatika Angkatan 2014.Jurnal Ilmiah Edutic, 1 (1): 1-12.

Tanjung, H. S., & Nababan, S. A. 2018. Pengaruh penggunaan metode pembelajaran ber- main terhadap hasil belajar matematika siswa materi pokok pecahan di kelas III SD Negeri 200407 Huta-padang. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.