Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI
Abstract
The purpose of this paper is to determine the effect of the use of the Think Pair Share Model on the Historical Learning Outcomes of eleventh grade Social students at SMA Negeri 13 Bandar Lampung in Academic Year 2019/2020 ". This study uses the Think Pair Share model. The results of the study note that the comparison between the experimental class with the control class is said that the pretest and posttest results in the experimental class are 18.618 after the implementation of Think Pair Share learning models rose to 22.165, and in the control class the results of the pretest and posttest were 18.017 rose to 21.139, from a comparison between the experimental class and the control class can be taken a decision that there is an influence of the use of Think Pair Share learning models on the learning outcomes eleventh grade social students at SMA Negeri 13 Bandar Lampung in Academic Year 2019-2020.
Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Penggunaan Model Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019/2020”. Penelitian ini menggunakan model Think Pair Share. Hasil penelitian diketahui bahwa perbandingan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dikatakan bahwa hasil pretest dan posttest pada kelas eksperimen yaitu 18.618 setelah dilaksankannya model pembelajaran Think Pair Share naik menjadi 22.165, dan pada kelas kontrol hasil dari pretest dan posttest yaitu 18.017 naik menjadi 21.139, dari perbandingan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dapat diambil keputusan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran Think Pair Share terhadap hasil belajar sejarah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2019-2020.
Kata kunci: hasil belajar, model pembelajaran think pair share, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Djamarah. S. B, Zain. A. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajran Inofatif. Siduarjo: Masmedia Buana Pusaka.
Syaiful. (2011). Psikologi Belajar. Cetakan III. Jakarta: Rineka Cipta.
Trianto, (2010). Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.