Pengaruh Metode Pembelajaran Active Knowledge Sharing Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI
Abstract
The purpose of this research is to analyze and determine whether there is a significant influence on learning outcomes in history subjects through the application of Active Knowledge Sharing learning methods for students of eleventh grade social students at Ma'arif NU 05 Purbolinggo High School. This research uses the One Shot Case Study method. Statistical data analysis technique uses a simple linear regression formula. The results of this study and discussion concluded that the working hypothesis (H1) was accepted, namely "There is a positive influence on learning outcomes in history subjects through the application of the Active Knowledge Sharing learning method for eleventh grade social students at Ma'arif NU 05 Purbolinggo High School. Based on the value of t: note the calculated t value of 16.254> T table 1.994 so that it can be concluded that the Active Knowladge Sharing (X) variable influences the student learning outcomes variable (Y).
Tujuan penelitian yaitu menganalisis dan mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing siswa Kelas XI IPS SMA Ma’arif NU 05 Purbolinggo. Penelitian ini menggunakan metode One Shot Case Study. Teknik analisis data statistik menggunakan rumus regresi linear sederhana. Hasil penelitian dan pembahasan disimpulkan hipotesis kerja (H1) diterima, yakni “Terdapat pengaruh yang positif dari hasil belajar pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penerapan metode pembelajaran Active Knowledge Sharing Siswa Kelas XI IPS SMA Ma’arif NU 05 Purbolinggo. Berdasarkan nilai t : diketahui nilai t hitung sebesar 16,254 > T tabel 1,994 sehingga dapat disimpulkan bahwa variable Active Knowladge Sharing (X) berpengaruh terhadap varibel hasil belajar siswa (Y).
Kata kunci: hasil belajar, metode pembelajaran active knowledge sharing, pengaruh
Full Text:
PDFReferences
Abdurrahman dan Muhidin 2011. Panduan Praktis Memahami Penelitian. Bandung: Pustaka Setia.
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum. 2013. Bandung: PT Refika aditama.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Hadjar, I. 1999. Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kuantitatif Dalam. Pendidikan. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Poerwadaminta, W.J.S. 1995. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Poerwantama. P. K. 1987. Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta: Rineka Cipta.
Rifa'i dan Catharina. 2011. Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Slameto. 2013. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Belbuk.com
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono. 2011. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.
Surakhmad, W. 1989. Pengantar penelitian ilmiah dasar, metode dan Teknik. Bandung: Tarsito.
Uno, H. 2008. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Refbacks
- There are currently no refbacks.