PENGARUH FULL DAY SCHOOL TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA

Kemalawati Kemalawati, Muhammad Basri, Suparman Arif

Abstract


The purpose of this study was to determine the implementation and influence of full day school on the character of religious values of students at SMPN 3 Raman Utara Academic Year 2018/2019. The method used in this research is descriptive method. Based on the analysis of the data obtained the results that the implementation of the formation of religious value character is realized in the form of activities related to religious values. Activities that shape the character of students 'religious values are carried out well until students are at home so that it can be said there is a positive influence between full day school and the formation of students' religious character.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pelaksanaan dan pengaruh full day school terhadap karakter nilai religius siswa di SMPN 3 Raman Utara Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa pelaksanaan pembentukan karakter nilai religius di wujudkan dalam bentuk kegiatan yang berkaitan dengan nilai religius. Kegiatan yang membentuk karakter nilai religius siswa dilaksanakan dengan baik hingga siswa berada di rumah sehingga dapat dikatakan ada pengaruh positif antara full day school dan pembentukan karakter religius siswa.

Kata kunci: full day school, karakter, pengaruh



Full Text:

PDF

References


Abdul, M. (2011). Pendidikan Karakter Perspektif Islam.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Andi, P. (2012). Metode Penelitian Kualitatif Dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis (Revisi IV). Jakarta: Rineka Cipta.

Asmani, J. (2017). Full Day School. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Baharudin. (2010). Pendidikan dan Psikologi Perkembangan.

Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Barnawi, A. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Haryadi, M. (2016). Latar Belakang Gagasan Full Day School Mendikbud di akses dari http://www.tribunnews.com.pada 20 Februari 2019 pukul13.40.

Sulimasdiu. (2019). Latar Belakang Penerapan Full Day School di SMPN 3 Raman Utara Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Wawancara oleh Kemalawati dan dilaksanakan pada 18 Februari, pukul 09.00.

Margono,S. (2007).Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Pemerintah Indonesia. (2017). Peraturan Menteri No. 23 Tahun 2017 tentang Hari Sekolah. Sekretariat Negara : Jakarta.

Ramli T. (2003). Pendidikan Karakter. Bandung: Angkasa.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.