Hubungan Kreativitas Berpikir Siswa dengan Prestasi Belajar Sejarah Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sukoharjo

Zahra Qurrotu’aini, Maskun Maskun, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


This study aims to determine whether there is a positive and significant relationship between creativity in thinking and historical learning achievement of Social Sciences Class XI at SMA Negeri 1 Sukoharjo, Pringsewu District, Academic Year 2018/2019. The method used is a quantitative method with survey research methods. The data collection techniques used are observation, questionnaires, and documentation and literature. Data analysis technique is a quantitative data analysis technique using Pearson Product Moment. Based on the test results of data analysis using the Pearson Product Moment formula, the result of rcount = 0.810 which is more than rtable = 0.268 (0.810> 0.268). The results of data analysis can be concluded that there is a positive and significant relationship between Thinking Creativity with Historical Learning Achievement in Class XI IPS Students at SMAN 1 Sukoharjo.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara kreativitas berpikir dan prestasi belajar sejarah Kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sukoharjo Kabupaten Pringsewu Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan metode penenlitian survey. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, kuisioner, dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Pearson Product Moment. Berdasarkan hasil uji analisis data dengan menggunakan rumus Pearson Product Moment diperoleh hasil rhitung = 0,810 yang mana lebih dari rtabel = 0,268 (0,810 > 0,268). Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif dan signifikan antara Kreativitas Berpikir dengan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS di SMAN 1 Sukoharjo.

Kata kunci: hubungan, kreativitas berpikir, prestasi belajar


Full Text:

PDF

References


Ahmadi dan Uhbiyati. (2003). Ilmu Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan & Sosial. Jakarta. Gramedia.

Margono, S. (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Munandar, S. C. (1993). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Munandar, U. (2004). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Soyomukti, N. (2016). Teori-Teori Pendidikan (Dari Tradisional, (Neo) Liberal, Marxis-Sosialis, Hingga Postmodern). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sukmadinata, N.S. (2007). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya. Halaman 4.

Tirtarahardja, T dan La Sulo, S. L. (2005). Pengantar Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: PT Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.