Pengaruh SPPKB terhadap Kemampuan Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII

Novita Suparmi, Ali Imron, Yustina Sri Ekwandari

Abstract


The aim of this study is to find out the Influence of SPPKB to students’ cognitive skill on Social Studies Subject of Grade VIII SMP Negeri 2 Sukadana East Lampung Academic Year 2018/2019. The method used in this research was Pre- Experimental Design method with One-Shot Case Study design. Based on the data analysis by basic linear regresi formula, it indicates that every 1 % improvement of SPPKB score will result 0,408x cognitive improvement score. The regresi coeficient is positif, so it can be concluded that the correlation between X and Y is positive.

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh SPPKB terhadap kemampuan kognitif siswa pada Mata Pelajaran IPS Kelas VIII SMP Negeri 2 Sukadana Lampung Timur Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Pre- Experimental Design dengan desain penelitian menggunakan One-Shot Case Study. Berdasarkan analisis data dengan menggunakan rumus regresi linear sederhana diperoleh hasil bahwa setiap penambahan 1 % nilai SPPKB maka nilai kognitif bertambah 0,408x. Koefisien regresi tersebut bernilai positif, sehingga dapat dikatakan bahwa arah pengaruh variabel X terhadap Y adalah positif.

Kata kunci: kognitif, pengaruh, strategi pembelajaran



Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Ali, M. (1992). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa.

Sanjaya, W. (2006). Strategi Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sudaryono. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kompetensi dan Praktiknya. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Suyanti, R. D. (2010). Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Triyono. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Penerbit Ombak.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.