Interaksi Sosial Antar Siswa Beda Budaya Di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin TA 2018/2019
Abstract
The writing purpose this study was to determine the processes and factors behind the social interaction between students of different cultures at Padang Cermin Foundation in 2018/2019 School Years. This study uses descriptive qualitative method. The data collection techniques are observation, interview and documentation. The result and discussion showed that the process of social interaction between students and different cultures at Padang Cermin Foundation is: a) associative process in from: cooperation and accomondation. Dissociative process in from: conflicts. Factors behind the social interaction is: age, extrovert personality, gender and parent interaction.
Tujuan penelitian mengetahui Proses dan Faktor Yang Mempengaruhi Interaksi Sosial Antar Siswa Beda Budaya di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin TA 2018/2019. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisis dan pembahasan menunjukan bahwa proses interaksi sosial antar siswa beda budaya di SMP Yayasan Pendidikan Padang Cermin yaitu a).proses asosiasif berupa: kerjasama dan accomondation. Proses disosiasif berupa: konflik. Faktor yang mempengaruhi interaksi sosial yaitu: umur, kepribadian ekstrovet, jenis kelamin dan interaksi orangtua.
Kata kunci: budaya, interaksi sosial, siswa
Full Text:
PDFReferences
Abdulsyani. 2012. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta: Bumi Aksara.
Abdurrahman, Fathoni. 2011. Metode Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Bungin, Burhan. 2006. Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di masyarakat. Jakarta: Kencana pernada Media Group.
Gerungan, W.A. 2009. Psikologi Sosial. Bandung: PT. Refika Aditama, IKAPI
Horton, B Paul et al. 1996. Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Nawawi, Hadari. 1993. Metode Penelitian Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Poerwadarminta. 1985. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka.
Soekanto, Soerjono. 2000. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Raja Grafindo.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi & Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suryadi, Amrazi Zakso, Rustiyarso. 2016. Analisis Interaksi Sosial Asosiatif Pimpinan dengan Karyawan Dalam Memotivasi Kerja di Hotel Dangau Kabupaten Kubu Raya: Interaksi Sosial Asosiatif, Memotivasi Kerja. Jurnal UNTAN. Vol 5.No 11.
Widi, Restu Kartiko. 2010. Asas Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Refbacks
- There are currently no refbacks.