Hubungan Sikap Sosial dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Natar

Desi Wulan Dari, Ali Imron, M. Basri

Abstract


The objective reserch was used to find out whether there is a positive and sigificant relationship betwee sosial attitudes and history learning outcomes in Academic Year 2018/2019. The survey method was used in this study, data collection techniques used include: observation, questionnaires, and documentation and literature. Quantitative data analysis techniques used are Jaspen Correlation Coefficient (M) and Jaspen Correlation Coefficient Stastictical Tes (M). Data analysis and hypothesis testing obtained that there is a relationship between Social Attitudes with Historical Learning Outcomes of Class XI IPS Students of SMA 1 Natar Academic Year 2018/2019. It shows a positive relationship, namely the higher the value of social attitudes, the higher the value of historycal learning outcomes.

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui ada tidaknya hubungan yang positif dan signifikan antara Sikap Sosial dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Natar Lampung Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Metode yang digunakan adalah metode survei, adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, angket, dan dokumentasi serta kepustakaan. Teknik analisis data adalah teknik analisis data kuantitatif dengan menggunakan Koefesien Korelasi Jaspen’s (M) dan Uji Statistik Koefisien Korelasi Jaspen’s (M).Hasil analisis data dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa ada hubungan antara Sikap Sosial dengan Hasil Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS SMAN 1 Natar Tahun Ajaran 2018/2019. Hubungan tersebut menunjukkan suatu hubungan yang positif yaitu semakin tinggi nilai sikap sosial semakin tinggi pula nilai hasil belajar sejarah.

Kata kunci: hasil belajar, hubungan, sikap sosial

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Asdi Mahasatya.

Aunurrahman. 2016. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Hasbullah. 2013. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Iskandar. 2008. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (Kuantitatif dan Kualitatif). Jakarta: GP Press.

Margono, S. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa. 2015. Implementasi Kurikulum 2013 Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sadirman. 2007. Belajar dan Pembelajaran Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjiono, A. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugiono. 2007. Metodologi penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.