Hubungan Mutu Pembelajaran dengan Kepuasan Siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS
Abstract
The aim of this study is to find out the positive relationship between the quality of learning and student satisfaction in the subject of class XI IIS Trisukses high school in 2018/2019. This research used to descriptive survey method. The results of this study show that historical learning quality use the percentage formula with the highest yield of 47 % (good), while the satisfaction of students with the result 41 % (satisfied). In conclusion, the quality of high school history learning is good so that students (satisfied), it is true there is a positive relationship with the level of a very strong relationship with a value of 0,892.
Tujuan penelitian mengetahui hubungan positif antara mutu pembelajaran dengan kepuasan siswa pada Mata Pelajaran Sejarah Kelas XI IIS SMA Trisukses Tahun Ajaran 2018/2019. Metode penelitian menggunakan metode survei deskriptif. Hasil penelitian mutu pembelajaran sejarah menggunakan rumus persentase dengan hasil tertinggi 47% (baik), sedangkan kepuasan siswanya hasil tertinggi 41% (puas). Kesimpulannya mutu pembelajaran sejarah SMA tersebut baik sehingga siswanya (puas), maka benar terdapat hubungan positif dengan tingkat hubungan sangat kuat dengan nilai 0,892.
Kata kunci: hubungan, kepuasan siswa, mutu pembelajaran
Full Text:
PDFReferences
Azwar, 2013. Reliabilitas dan Validitas (Edisi IV). Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Margono. 2013. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Mulyono. 2009. Pendidikan bagi Anak berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Bhineka Cipta.
Nasional Pendidikan. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.
Purwanto. 2008. Metodologi penelitian kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sopiatin. 2010. Manajemen Berbasis Kepuasan Siswa. Bogor: Galihalia Indonesia.
Srinadi. 2008. Faktor-faktor penentu Kepuasan Siswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan. November. Th.XXVII.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suhadan. 2010. Supervisi Profesional: Layanan dalam meningkatkan mutu pembelajaran di era otonomi daerah. Bandung: Alfabeta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rhineka Cipta.
Suharsimi Arikunto. 2013. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Triastuti. 2017. Pengertian Mutu Pembelajaran. http://repository.uksw.edu/bitstream/123456789/13293/2/T2_942015006_BAB%20II.pdf. (diunduh 13 September 2018)
Refbacks
- There are currently no refbacks.